Merosotnya Kopi Colombia Pulihkan Harga Kopi Arabika

822

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika berjangka di bursa komoditas internasional New York pada penutupan perdagangan Rabu (06/03) melompat memangkas kerugian perdagangan sebelumnya yang buruk.  Namun di bursa ICE London,  harga kopi Robusta melompat dari posisi terendah 2-1/4 bulan ke puncak tertinggi 1 pekan.

Harga kopi Arabika naik  karena tanda-tanda pasokan lebih kecil setelah Columbia, produsen arabika terbesar kedua di dunia, melaporkan output kopi Februari pada 1,106 juta kantong, turun 8,7% y/y.

Harga kopi robusta melompat tinggi ke posisi tertinggi 1 pekan  menerima sentimen positif dari kondisi kekeringan di Vietnam, produsen kopi robusta terbesar di dunia. Pusat Peramalan Hidro-Meteorologi Nasional Vietnam mengatakan kekeringan yang diperkirakan terjadi di Dataran Tinggi Tengah Vietnam, wilayah penghasil kopi terbesar Vietnam, kemungkinan akan lebih buruk daripada rata-rata historis dengan kondisi kering dan panas yang berlanjut hingga akhir Maret.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu Mei 2019 bursa New York  ditutup naik  2,30 atau 2,36% dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $99,65 per lb.  Sedangkan harga kopi robusta kontrak bulan Mei ditutup naik 6 atau 0,39% dari   perdagangan  sebelumnya  pada $1527 per ton.

Sebelumnya harga kopi Arabika bergerak lebih rendah ke level terendah 2 bulan oleh tanda-tanda pasokan yang cukup membebani  setelah data Jumat lalu dari Kementerian Perdagangan Brasil menunjukkan ekspor kopi Feb Brasil naik 2,6% m/m dan  36,9% y/y menjadi 3,108 juta kantong.

Juga, peneliti komoditas Rabobank pada hari Senin memproyeksikan panen kopi 2019/20 Brasil di 57,6 juta kantong, di atas perkiraan Conab (lembaga riset resmi pemerintah Brazil) 54,5 juta kantong. Selain itu, ICO melaporkan Jumat lalu bahwa ekspor kopi global 2018/19 dari Oktober-Januari naik  6,6% y/y menjadi 41,96 juta kantong.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabika dapat turun lagi  oleh proyeksi pelemahan Real Brasil hari ini.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here