Pergerakan Dolar AS dan Poundsterling Pengaruhi Harga Kakao ICE

843

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York dan berakhir pada hari Rabu (13/03) kembali meningkat melanjutkan keuntungan perdagangan sebelumnya.  Demikian  untuk harga kakao di bursa ICE London menguat signifikan hingga mencapai posisi tertinggi 3 pekan.

Harga kakao pulih dari kerugian awal dan ditutup lebih tinggi oleh pelemahan dolar setelah awal sesi tertekan karena  tanda-tanda pasokan yang cukup setelah stok kakao yang  dipantau ICE naik ke level tertinggi 5-1/2 bulan  di 4,215 juta kantong. Bangkit kembali masih menerima sentimen  laporan cuaca  Pusat Prediksi Iklim AS yang menunjukkan curah hujan di bawah rata-rata di Pantai Gading dan Ghana selama 3-9 Maret.

Kenaikan harga kakao di bursa London dipicu oleh anjloknya nilai  kurs poundsterling dalam pair GBPUSD  diatas  posisi terendah 2-1/2 minggu, karena kakao London dihargai dalam pound.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Maret di ICE New York  ditutup naik  15  atau 0,68 persen  pada posisi $2217 per ton. Untuk harga kakao berjangka kontrak bulan Maret  bursa London ditutup naik  18  atau 1,08% berada pada posisi  1733 pound per ton.

Sentimen negatif untuk perdagangan kakao berjangka oleh pasokan global yang melimpah setelah hari Senin  dilaporkan  petani Pantai Gading mengirim 1.546 MMT kakao ke pelabuhan selama 1 Oktober – 10 Maret, naik  9,5% dari waktu yang sama tahun lalu. Sementara itu, Ghana, produsen kakao terbesar kedua di dunia, melaporkan hasil yang kuat pada 11 Februari karena pembelian kakao dari petani kakao Ghana naik  15,4% y/y menjadi 644.318 MT selama tujuh belas minggu pertama panen mulai 5 Oktober – 31 Januari.

Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa  London akhir sesi pada esok hari diperkirakan retreat oleh  proyeksi penguatan kurs pound Inggris.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here