Bursa Wall Street Bergerak Naik Terpicu Kesepakatan Dagang AS-China

848

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS naik pada hari Rabu (03/04) terdukung hasil kesepakatan perdagangan AS dan China yang mendekati akhir, namun dibatasi melemahnya data ADP Employment Change dan ISM Non Manufacturing AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 10 poin dengan saham UnitedHealth dan Home Depot unggul.

Indeks S&P 500 naik 0,25 persen, dipimpin oleh saham material dan teknologi.

Indeks Nasdaq naik 0,5 persen.

Para pejabat Amerika dan China dilaporkan mendekati kesepakatan dagang, setelah menyelesaikan sebagian besar masalah yang belum terselesaikan dalam perselisihan perdagangan yang berlarut-larut. Kedua negara telah mengenakan tarif barang bernilai miliaran dolar sejak satu sama lain sejak tahun lalu.

Menurut Financial Times, Beijing ingin Washington menghapus bea masuk A.S. yang ada pada impor Tiongkok, sementara pemerintahan Trump menginginkan China untuk menyetujui langkah-langkah penegakan hukum yang memastikan negara tetap berpegang pada kesepakatan.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dijadwalkan untuk bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He pada hari Rabu untuk melanjutkan pembicaraan.

Saham Eropa naik secara luas karena indeks Stoxx 600 naik 0,8 persen. Di Asia, Shanghai Composite melonjak 1,2 persen, sementara indeks Kospi Jepang dan Korea keduanya naik sekitar 1 persen.

Hasil ini terjadi setelah sesi sebelumnya Wall Street turun. Dow jatuh untuk pertama kalinya dalam empat sesi pada hari Selasa, mundur dari reli yang solid pada awal minggu.

Namun, penguatan dibatasi oleh data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan.

Payroll swasta meningkat 129.000 pada bulan Maret, menurut ADP dan Moody’s Analytics. Itu jauh di bawah perkiraan Refinitiv 173.000. Laporan dari ADP dan Moody biasanya dilihat sebagai pratinjau untuk laporan pekerjaan bulanan pemerintah AS, yang dijadwalkan untuk dirilis Jumat pagi.

Pembaruan yang lebih lemah dari yang diperkirakan pada sektor layanan A.S. juga membatasi kenaikan saham sepanjang sesi. Pertumbuhan jasa turun lebih dari yang diharapkan pada bulan Maret dan maju pada laju paling lambat dalam lebih dari 12 bulan, Institute for Supply Management melaporkan.

Indeks non-manufaktur ISM merosot ke 56,1 bulan lalu, pembacaan terlemah sejak Agustus 2017.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi naik jika kesepakatan perdagangan AS-China terealisir. Namun melemahnya data ekonomi AS dapat membatasi kenaikan bursa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here