Laporan Cecafe Lemahkan Harga Kopi Arabika dan Robusta

657

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika berjangka di bursa komoditas internasional New York pada penutupan perdagangan Selasa (14/05) turun dari posisi tertinggi sepekan. Demikian juga untuk  harga kopi Robusta di bursa ICE London turun  dari posisi tertinggi 4 hari sebelumnya.

Harga kopi  bergerak lebih rendah karena sentimen  laporan persediaan yang cukup dan kelemahan mata uang Real Brasil. Cecafe melaporkan Jumat lalu bahwa ekspor kopi arabika Brazil April melonjak  24,3% y/y menjadi 2,52 juta kantong. Kemudian Real Brasil merosot ke level terendah 2 minggu terhadap dolar pada Senin, yang mendorong penjualan ekspor tambahan oleh produsen kopi Brasil.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu bulan Juli 2019 bursa New York  ditutup turun  1,20  poin atau 1,32% dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $89.60 per lb.  Sedangkan harga kopi robusta kontrak bulan Juli di London ditutup turun  18  poin atau 1,32% dari perdagangan sebelumnya ke posisi 1.320 per lb.

Masih ada faktor positif untuk perdagangan kopi Robusta yaitu laporan dari Departemen Bea Cukai Vietnam pekan lalu menunjukkan ekspor kopi Vietnam selama Januari-April adalah 631.946 MT, turun  13,1% y/y. Dan untuk kopi Arabika Juga dari laporan persediaan kopi saat ini selama sebulan terakhir  yang dipantau oleh ICE turun ke level terendah 6-1/4 bulan dari 2,436 juta kantong pada hari Kamis, jauh di bawah tinggi 2,503 juta tas dari ketinggian 4-3/4 tahun dari 25 Maret

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabika berpotensi turun lagi  oleh masih lemahnya posisi mata uang Real Brasil dan laporan Cecafe.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here