Kekeringan di Afrika Buat Harga Kakao Melompat Tinggi

988

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York dan berakhir pada hari  Jumat (17/05) naik ke level tertinggi 1 minggu. Demikian dengan harga kakao di bursa ICE London melompat ke posisi tinggi 1 pekan.

Harga kakao diperdagangkan melonjak karena kondisi kering di Pantai Gading berdasarkan data dari Pusat Prediksi Iklim AS menunjukkan curah hujan di bawah rata-rata di Pantai Gading selama 5-11 Mei. Padahal sebelumnya harga kakao jatuh ke posisi terendah 1-1/2 bulan pada hari Rabu di tengah kuatnya produksi kakao di Afrika Barat.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Juli di ICE New York  ditutup naik  51 poin atau 2.20 persen  pada posisi $2372  per ton. Untuk  harga kakao berjangka kontrak bulan Juli  bursa London  ditutup naik  46 poin atau 2.71% ke posisi $1743 per ton.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti, analis Vibiz Research Center memperkirakan  harga kakao kakao di ICE London diwaspadai akan anjlok kembali oleh posisi mata uang poundsterling yang anjlok ke posisi terendah 4-1/2 bulan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here