Bursa Wall Street Cemas Menantikan Pertemuan Trump-Xi; Data GDP Q1 Menjadi Sorotan

747

(Vibiznews – Index) Bursa Wall Street berakhir sebagian besar lemah pada penutupan Kamis (27/06) dinihari tadi menantikan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akhir pekan ini.

Bahkan indeks &P 500 mencatat penurunan beruntun empat hari sebagai penurunan terpanjang sejak awal Mei. Indeks ditutup 0,1% lebih rendah pada 2.913,78.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 11,40 poin menjadi 26.536,82 setelah naik lebih dari 100 poin untuk memulai sesi.

Sedangkan Indeks Nasdaq naik 0,3% menjadi 7.909,97 karena saham Micron memimpin saham semikonduktor lebih tinggi. VanEck Vector Semiconductor ETF (SMH) naik hampir 3% saat Micron melonjak lebih dari 13%. Nvidia naik 5,1% sementara On Semiconductor naik 4,2%.

Saham diperdagangkan lebih tinggi untuk sebagian besar sesi hari Rabu setelah Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC bahwa ia berpikir ada jalan bagi AS dan China untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan. Komentarnya muncul menjelang pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di KTT G-20 di Osaka, Jepang akhir pekan ini.

Bloomberg News juga melaporkan, mengutip sumber-sumber, bahwa AS bersedia untuk menangguhkan tarif barang-barang China senilai $ 300 miliar ketika kedua belah pihak melanjutkan pembicaraan perdagangan.

Trump mengatakan kepada Fox Business bahwa kesepakatan perdagangan AS-China dimungkinkan, tetapi mencatat ia sangat senang dengan posisi kami sekarang. “Kami menerima banyak uang, dan terus terang bukan hal yang sangat baik bagi Tiongkok, tetapi itu adalah hal yang baik bagi kami.”, demikian pernyataan Trump.

Pembicaraan perdagangan terhenti bulan lalu setelah AS menaikkan tarif impor China senilai miliaran dolar. China membalas dengan tarifnya sendiri. Ketakutan itu hilang pada Juni setelah Trump mengatakan dia dan Xi setuju untuk bertemu di G-20, memicu harapan kemajuan perdagangan antara kedua negara.

Wall Street melihat hari terburuk Juni pada hari Selasa di belakang komentar dari pejabat Federal Reserve. Ketua Fed Jerome Powell Selasa mengatakan bank sentral menilai apakah ekonomi AS menyerukan suku bunga yang lebih rendah. Namun, Powell juga mengatakan bahwa Fed akan mengambil pendekatan menunggu dan melihat mengingat seberapa cepat perubahan ekonomi baru-baru ini.

Sebelumnya pada hari Selasa, James Bullard, presiden Fed St. Louis, mengecilkan prospek penurunan suku bunga.

Investor bertaruh Fed akan menurunkan suku bunga setidaknya 25 basis poin di bulan Juli. Harapan itu membantu mengangkat indeks saham utama bulan ini. Dow dan Nasdaq keduanya naik lebih dari 6% sementara S&P 500 naik 5,9% pada Juni.

Dalam berita perusahaan, saham Micron melonjak setelah pembuat chip itu mengatakan bisa “secara hukum melanjutkan” pengiriman ke raksasa telekomunikasi China Huawei. Saham juga mendapat dorongan dari hasil kuartalan yang lebih baik dari perkiraan.

Saham FedEx naik lebih dari 2% setelah perusahaan melaporkan laba kuartalan yang melampaui ekspektasi analis.

Malam nanti akan dirilis data GDP Growth Rate Q1 Final AS yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak kuat jika data GDP Growth Rate Q1 Final AS terealisir meningkat. Namun jika muncul sentimen yang meragukan pertemuan perdagangan Trump dan Xi Jinping, dapat menekan bursa AS. Demikian juga jika ketegangan AS-Iran meningkat, akan menekan bursa AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here