Bursa Wall Street Terus Kuat; Dow Jones Mencapai Rekor Tertinggi

1388
wall street

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS bergerak naik pada hari Kamis (11/07). Indeks Dow Jones Industrial Average menguat ke rekor tertinggi, dipimpin oleh saham UnitedHealth, setelah pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang mengisyaratkan kebijakan moneter yang lebih mudah dapat diimplementasikan akhir bulan ini.

Indeks 30-saham menembus di atas 27.000 untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, sebelum diperdagangkan tepat di bawah level itu. Dow naik 0,5%, atau 132 poin, sekitar 9:50 ET.

Sementara itu, indeks S&P 500 naik 0,2% untuk diperdagangkan kembali di atas 3.000 sedangkan indeks Nasdaq naik 0,2%. S&P 500 pertama kali menembus di atas 3.000 pada hari Rabu.

Saham UnitedHealth melonjak lebih dari 4% setelah Gedung Putih menjatuhkan proposal untuk menghilangkan rabat narkoba. CVS Health dan Cigna juga melompat terkait berita, masing-masing mendapatkan 7% dan 14%.

Delta Air Lines naik 0,9% karena pendapatan yang lebih baik dari perkiraan. Amazon diperdagangkan 0,7% lebih tinggi, membawa kapitalisasi pasarnya kembali di atas $ 1 triliun.

Dalam kesaksian kepada House Financial Services Committee pada hari Rabu, Powell mengatakan investasi bisnis di seluruh AS telah melambat terutama baru-baru ini karena ketidakpastian atas prospek ekonomi berlama-lama. Akibatnya, ekspektasi penurunan suku bunga yang akan datang tumbuh.

Kesaksian Powell mendorong saham ke rekor tertinggi pada hari Rabu. Emas juga melonjak sementara tingkat jangka pendek tergelincir.

Risalah dari pertemuan kebijakan bank sentral bulan lalu menegaskan komentar Powell.

Ekspektasi pasar untuk penurunan suku bunga di bulan Juli adalah 100%, menurut alat FedWatch CME Group. Powell bersaksi lagi pada hari Kamis di depan anggota Senat AS.

Dalam berita ekonomi, indeks harga konsumen AS – ukuran inflasi yang diikuti secara luas – naik lebih dari yang diperkirakan bulan lalu, dengan CPI inti mencatat kenaikan terbesar dalam 1½ tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi terus kuat dengan menguatnya harapan penurunan suku bunga AS bulan ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here