Bursa Wall Street Sebagian Besar Turun Tertekan Sektor Teknologi

972
wall street

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS sebagian besar turun pada hari Senin (29/07) tertekan jatuhnya saham teknologi menjelang laporan laba dari perusahaan-perusahaan teknologi, yang akan menguji dampak dari ketegangan perdagangan terhadap pertumbuhan global, dan menjelang pertemuan penetapan kebijakan Federal Reserve.

Sektor teknologi S&P 500 yang berkinerja terbaik sejauh ini tahun ini turun 0,70%. Namun, kenaikan saham Apple menjelang laporan kuartalan setelah pasar tutup, membantu mendukung indeks blue-chip Dow Jones Industrials.

Sementara data Refinitiv menunjukkan 76% dari 222 perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan laba sejauh ini telah melampaui estimasi laba, data tentang ekonomi AS bergerak ke arah yang berlawanan, mendukung tindakan oleh Fed pada hari Rabu.

Di antara saham-saham lain, Mylan NV melonjak 13,87% setelah mengkonfirmasi laporan pada akhir pekan bahwa ia bergabung dengan bisnis obat-obatan mapan bermerek dan generik milik Pfizer Inc. yang tidak dipatenkan dan dibentuk untuk membentuk pemain global baru.

Pfizer turun 2,28% setelah produsen obat itu memangkas proyeksi laba dan pendapatan setahun penuhnya dalam rilis tak terduga dari hasil kuartalan sesuai dengan pengumuman kesepakatan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 71,05 poin, atau 0,26%, pada 27.263,50, S&P 500 turun 5,51 poin, atau 0,18%, pada 3.020,35 dan Nasdaq turun 57,87 poin, atau 0,69%, pada 8.272,34.

Yang membebani sektor teknologi adalah penurunan saham kapital besar Amazon.com dan Microsoft Corp.

Berharap bahwa Fed akan mengambil pendekatan yang lebih dovish untuk melawan dampak dari perang perdagangan AS-China yang berlarut-larut telah membantu indeks meraih rekor utama Wall Street bulan ini.

Tetapi pemulihan pasar dari bulan yang panas di bulan Mei juga telah bergantung pada indikator lain seperti pendapatan yang tidak begitu kuat sehingga membuat Fed menahan diri.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan bursa Wall Street berpotensi lemah jika penurunan saham teknologi terus berlangsung. Juga akan mencermati sentimen seputar negosiasi perdangan AS-China, yang jika memunculkan sentimen positif akan mengangkat bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here