Bursa Wall Street Tertekan Data Manufaktur Lemah

732

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS turun pada hari Selasa (01/10) akibat data manufaktur yang lemah sehingga memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi A.S.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 343,79 poin lebih rendah, atau 1,3% pada 26.573,04 setelah mengumpulkan lebih dari 100 poin pada hari sebelumnya.

Indeks S&P 500 tergelincir 1,2% ditutup pada 2.940,25.

Indeks Nasdaq berakhir turun 1,1% di 7.908,68.

Selasa menandai kinerja satu hari terburuk untuk Dow dan S&P 500 sejak 23 Agustus. Hari itu, kedua indeks turun masing-masing lebih dari 2%

Institute for Supply Management mengatakan aktivitas manufaktur AS mengalami kontraksi ke level terburuk sejak Juni 2009. Laporan ISM menyusul rilis data manufaktur yang lemah dari Eropa.

Saham produsen seperti Honeywell, 3M dan Eaton berguling pada rilis data, dengan masing-masing kehilangan setidaknya 2,8% lebih rendah.

Presiden Donald Trump menyalahkan dolar yang kuat dan suku bunga tinggi untuk kelemahan dalam manufaktur AS. Dalam sebuah tweet, dia mengatakan Federal Reserve dan Chairman Jerome Powell “menyedihkan” dalam penanganan ekonomi mereka.

Perunding AS dan China diperkirakan akan bertemu minggu depan di Washington untuk membahas potensi kesepakatan perdagangan antara ekonomi terbesar dunia. Kedua belah pihak telah mengenakan tarif barang satu sama lain bernilai miliaran dolar.

Namun, sentimen seputar pembicaraan itu membaik baru-baru ini. Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS mengatakan Gedung Putih tidak bermaksud memblokir perusahaan-perusahaan China dari pencatatan saham di bursa saham A.S. saat ini.

Imbal hasil treasury membalikkan keuntungan sebelumnya karena investor melepas ekuitas demi obligasi AS yang secara tradisional lebih aman. Imbal hasil 10-tahun turun di 1,64% setelah naik menjadi sekitar 1,75%. Tingkat 2 tahun turun menjadi 1,54% dari sekitar 1,68%. Yields di seluruh dunia awalnya naik setelah lelang utang negara di Jepang melihat permintaan lemah.

Investor memasuki kuartal keempat dengan rata-rata utama berjuang untuk mencapai rekor tertinggi yang ditetapkan pada awal tahun. Indeks berada dalam jarak yang sangat dekat dari tertinggi sepanjang masa untuk sebagian besar September, tetapi kerugian Selasa mendorong mereka lebih jauh dari level tersebut.

Dalam berita perusahaan, saham Charles Schwab turun hampir 10% setelah broker mengatakan itu mengakhiri komisi perdagangan saham. TD Ameritrade jatuh lebih dari 20% di berita sementara E-Trade turun 16,4%.

Malam nanti akan dirilis data ADP Employment Change AS bulan September yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati rilis data ekonomi dan perkembangan negosiasi dagang AS-China. Jika malam nanti data ADP Employment Change

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here