Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 2 Oktober 2019

518

(Vibiznews-Commodity) Harga emas turun sedikit dan menyentuh kerendahan 7 minggu yang lainnya pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin. Ada sedikit peningkatan minat terhadap resiko di pasar pada awal minggu ini dan hal ini merupakan faktor “bearish” bagi metal “safe-haven”. Indeks dolar AS yang sangat kuat yang menyentuh ketinggian yang baru semalam juga merupakan suatu faktor yang negatif bagi pasar metal berharga.
Emas berjangka bulan Desember turun $4.00 per ons pada $1,468.70. Harga perak Comex bulan Desember naik $0.137 pada $17.135 per ons.
Pasar saham Asia dan Eropa bercampur mengarah ke melemah semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Liburan Yahudi dan tutupnya pasar Cina untuk suatu liburan pada hari kemarin membuat kondisi perdagangan sedikit lebih tenang.
Para trader sedang memonitor pasar obligasi pemerintah dunia, yang mengalami sebagian tekanan jual setelah penerimaan publik yang lemah dari penawaran obligasi terbaru pemerintah Jepang.
World Trade Organization mengatakan pada hari Selasa bahwa ekonomi global mengarah ke tingkat pertumbuhan perdagangan yang paling rendah di tahun 2019 sejak krisis keuangan utama sepuluh tahun yang lalu. WTO mengatakan perdagangan global akan melambat menjadi 1.2% pada tahun ini dari tingkat pertumbuhan sebesar 3% di tahun 2018. WTO mempersalahkan perang dagang antara AS-Cina atas perlambatan perdagangan dunia ini.
Indeks dolar AS menguat dan menyentuh ketinggian kontrak yang baru semalam. Kelihatannya dolar AS akan terus terapresiasi paling tidak dalam jangka pendek. Sementara minyak mentah Nymex naik dan diperdagangkan disekitar $54.50 per barel.
Postur tehnikal jangka pendek baik bagi emas maupun perak telah merosot secara signifikan belakangan ini. Obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,450.00 setelah melewati $1,490.00 dan kemudian $1,465.00. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah melewati $1,480.90 dan kemudian $1,490.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting
Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here