Pasar Logam Industri Dunia Turun Karena Data Manufaktur Konsumen Utama China Melemah

540

(Vibiznews – Commodity) – Sebagian besar pasar logam industri jatuh pada hari Kamis karena data manufaktur yang lemah dari konsumen utama China, dan di tengah kekhawatiran tentang penundaan lebih lanjut dalam kesepakatan perdagangan China-AS.

Aktivitas pabrik di China menyusut untuk bulan keenam berturut-turut pada Oktober demikian rilis data resmi pemerintah yang menunjuk ke tekanan lebih lanjut pada produsennya karena mereka bergulat dengan pertumbuhan ekonomi terlemah dalam hampir 30 tahun.

Tembaga berjangka tiga bulan di London Metal Exchange (LME) turun 0,1% menjadi $ 5,899.50 per ton pada 02:38 GMT. Kontrak tembaga yang paling banyak diperdagangkan di Shanghai Futures Exchange (ShFE) turun 0,5% menjadi 47.290 yuan ($ 6.709,70) per ton.

Sentimen juga berkurang sebagai upaya untuk mengakhiri perang dagang yang merusak antara Amerika Serikat dan China menghadapi hambatan baru, ketika pertemuan puncak di Chili di mana mereka seharusnya bertemu dibatalkan karena di Chili sedang marak demonstrasi menentang pemerintah.

Konflik perdagangan selama 15 bulan telah merusak pertumbuhan ekonomi global dan permintaan akan logam dasar. Tanda-tanda kemajuan dalam menyelesaikan konflik antara kedua negara cenderung mendukung harga logam dasar.

Harga aluminium LME turun 0,5%, seng turun 1,3% dan timah turun 0,7%, sedangkan nikel naik 0,3%. Aluminium ShFE berkurang 0,1%, seng turun 0,9%, timah kehilangan 1%, sementara nikel naik 0,6%.

Federal Reserve pada hari Rabu memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini untuk membantu mempertahankan pertumbuhan A.S., tetapi mengisyaratkan tidak akan ada pengurangan lebih lanjut kecuali jika ekonomi mengambil giliran untuk menjadi lebih buruk.

Produksi manufaktur Chili turun 1,5% pada bulan September, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya di tengah penurunan 5,4% dalam produksi pertambangan.

Produsen aluminium Jerman Trimet Aluminium berencana untuk kembali ke kapasitas produksi penuh tahun depan setelah pengurangan pada tahun 2019, dengan permintaan dari sektor otomotif diperkirakan akan kuat, kata seorang anggota dewan eksekutif.

Peru telah memberikan lampu hijau penting untuk tambang tembaga Tia Maria Southern Copper Corp yang sangat tertunda, tetapi pemerintah memperingatkan bahwa itu tidak akan bergerak maju dengan proyek tanpa kondisi sosial dan lingkungan yang tepat dipenuhi.

Saham Asia naik dan saham berjangka AS naik tipis setelah Federal Reserve AS memangkas suku bunga karena diperkirakan akan menjaga ekspansi ekonomi tetap di jalurnya.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here