Bursa Wall Street Cetak Rekor Seiring Optimisme Perdagangan AS-China

846
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Wall Street melonjak. Indeks  Dow Jones Industrial Average mencapai  hari rekor pada hari Senin (04/11) terangkat optimisme kesepakatan perdagangan AS-China.

Indeks 30-saham ini naik 128 poin, atau 0,5% untuk mencapai tertinggi sepanjang masa pertama sejak pertengahan Juli. Goldman Sachs berkontribusi terbesar terhadap kenaikan, naik 1,1%. Saham Boeing dan Caterpillar juga diperdagangkan lebih tinggi.

Apple sejauh ini merupakan saham Dow berkinerja terbaik sejak indeks mencapai rekor sebelumnya, mengumpulkan lebih dari 25%. Intel, J.P. Morgan Chase dan United Technologies semuanya naik setidaknya 10% pada waktu itu.

Sementara itu, indeks S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik 0,5% dan 0,7%, ke rekor tertinggi baru pada hari Senin.

Menteri Perdagangan A.S. Wilbur Ross mengatakan pada hari Minggu bahwa perusahaan-perusahaan Amerika akan memberikan lisensi untuk menjual kepada raksasa telekomunikasi China Huawei. Komentar Ross muncul setelah China mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya mencapai konsensus dengan A.S. pada prinsipnya mengikuti pembicaraan perdagangan minggu lalu.

China dan AS telah terlibat dalam perang dagang selama lebih dari satu tahun, tetapi harapan untuk kesepakatan yang ditandatangani meningkat baru-baru ini. Bulan lalu, Presiden Donald Trump mengatakan kedua belah pihak telah mencapai perjanjian perdagangan “sangat substansial” yang diharapkan akan ditandatangani pada bulan November nanti.

Langkah ke rekor tertinggi juga mengikuti pemotongan suku bunga ketiga oleh Federal Reserve tahun ini. The Fed juga mengisyaratkan tidak akan menaikkan suku bunga di masa mendatang. Namun, bank sentral AS juga menaikkan standar untuk penurunan suku bunga lebih lanjut.

Laporan pekerjaan AS yang kuat pada hari Jumat juga mendukung selera risiko untuk saham. Ekonomi AS menambah 128.000 pekerjaan pada Oktober, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Jumat.

Sementara itu, musim pendapatan perusahaan sebagian besar lebih baik dari yang diharapkan. Tujuh puluh lima persen dari 360 perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan telah melampaui ekspektasi analis, data FactSet menunjukkan.

Under Armor memposting angka kuartalan Senin yang melampaui ekspektasi analis. Namun, saham turun lebih dari 15% setelah perusahaan memotong perkiraan pendapatan 2019, mengutip persediaan yang lebih rendah dan masalah di sekitar saluran direct-to-consumer.

Uber Technologies dan Shake Shack adalah beberapa perusahaan yang akan melapor setelah Senin tutup.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street naik seiring menguatnya optimisme perdagangan AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here