Permintaan Minyak Global Q3 Meningkat Dua Kali Lipat

1131

(Vibiznews – Commodity) Permintaan minyak global pada kuartal ketiga 2019 tumbuh sebesar 1,1 juta barel per hari, lebih dari dua kali lipat dari 435.000 barel per hari pada kuartal sebelumnya, menurut laporan terbaru dari Badan Energi Internasional (IEA).

China adalah kontributor terbesar, dengan permintaan meningkat sebesar 640.000 barel per hari tahun-ke-tahun, dan laporan lembaga energi yang dipantau dengan cermat memproyeksikan percepatan tahun-ke-tahun dalam pertumbuhan global sebesar 1,9 juta barel per hari untuk kuartal terakhir tahun ini. 2019.

Pasokan tumbuh 1,5 juta barel per hari pada Oktober karena produksi Arab Saudi menjadi normal, sementara Norwegia, Kanada, dan AS melihat peningkatan yang nyata. Produksi minyak mentah OPEC mencapai 29,9 juta barel per hari, turun 2,5 juta dari periode yang sama tahun lalu.

IEA menunjuk lambatnya aktivitas pengilangan di tiga kuartal pertama 2019 karena berkontribusi pada penurunan permintaan minyak mentah 300.000 barel per hari tahun-ke-tahun, dan badan tersebut memperkirakan permintaan minyak mentah pada 2019 secara keseluruhan menurun untuk yang pertama waktu sejak 2009.

IEA mengatakan angka-angka terbaru menyoroti “meningkatnya kesenjangan antara pasar minyak yang tenang hari ini dan meningkatnya ketegangan geopolitik.”

Ketenangan didukung oleh pasar yang dipasok dengan baik dan inventaris yang tinggi. Ini dapat berlanjut hingga 2020 karena negara-negara non-OPEC akan meningkatkan produksinya sebesar 2,3 juta barel per hari, demikian dinyatakan juga dalam laporan itu.

“AS akan memimpin, tetapi juga akan ada pertumbuhan yang signifikan dari Brasil, Norwegia, dan dari produsen baru, Guyana.”

Konsumsi minyak OECD turun 590.000 barel per hari tahun-ke-tahun pada Agustus sebelum naik 540.000 barel per hari pada September, kenaikan tahun-ke-tahun terbesar dalam hampir 12 bulan. Namun secara keseluruhan, permintaan OECD berkontraksi untuk kuartal keempat berturut-turut, dengan Jepang menunjukkan penurunan paling tajam pada 145.000 barel per hari.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here