Harga Minyak Sawit Turun Melemahnya Ringgit

741
minyak sawit

(Vibiznews – Commodity) –  Harga minyak sawit turun dari harga tertinggi dua tahun pada sesi sebelumnya karena ekspor dari minyak sawit turun dan melemahnya ringgit.

Harga minyak sawit kembali turun di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun  0.54% menjadi RM2,733.

Harga minyak sawit turun dari harga tertingginya pada hari Jumat di RM2,755 perkg karena melemahnya ringgit dan turunnya ekspor.

Ekspor Malaysia dari tanggal 1-25 Nopember turun 2.1% dari  periode yang sama di bulan Oktober  menurut Intertek Testing Services pada hari Senin, sedangkan AmSpec Malaysia melaporkan  ekspor turun 5.2%.

Melemahnya ekspor membuat kenaikan harga terhenti, pada hari Jumat harga kelapa sawit sempat naik ke tertinggi dua tahun sejak 16 Nopember 2017 akibat dari produksi yang sedikit dan persediaan turun, menguatnya harga minyak kedelai di CBOT.

Penurunan terjadi karena melemahnya kurs ringgit turun 0.2% terhadap dolar membuat harga minyak sawit lebih murah bagi pembeli luar negeri.

Harga minyak sawit di Dalian naik 2.8% sedangkan harga minyak kedelai di Dalian turun 0.1%. Harga minyak kedelai naik 0.2% di CBOT

Analisa tehnikal support pertama di $2,560 dan berikut ke $2,510 sedangkan resistant pertama di $2,750 dan berikut ke $2,780.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here