Bursa Wall Street Cetak Rekor Menjelang Libur Thanksgiving

750

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS membukukan rekor pada hari Rabu, setelah rilis data ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan.

Indeks S&P 500 naik 0,4% menjadi 3153,64. Indeks Nasdaq naik 0,7% menjadi 8705,18. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 42,32 poin, atau 0,2%, menjadi 28.164.

Apple dan Facebook berkontribusi pada kenaikan hari Rabu, masing-masing menambahkan 1,3% dan 1,5%. Amazon naik 1,2% dan Netflix naik 1,1%.

Discretionary konsumen adalah sektor berkinerja terbaik di S&P 500 menjelang Black Friday, naik 0,9% karena saham Under Armour mengungguli. Saham pembuat pakaian ini melonjak 6,2%.

Data ekonomi yang kuat mendukung kenaikan tersebut. Pesanan barang tahan lama naik 0,6% pada Oktober sementara ekonom memperkirakan penurunan 0,8%. Klaim pengangguran mingguan, turun menjadi 213.000 dari 227.000. PDB kuartal ketiga direvisi untuk menunjukkan pertumbuhan 2,1%. Itu naik dari pembacaan sebelumnya sebesar 1,9%.

Sementara itu, ringkasan kondisi ekonomi Federal Reserve – lebih dikenal sebagai Beige Book – menunjukkan bank sentral melihat ekonomi berkembang secara moderat antara Oktober dan pertengahan November.

Pada hari Selasa, Presiden AS Donald Trump mengatakan para negosiator hampir mencapai kesepakatan perdagangan awal. Komentar positif Trump tentang perdagangan mengikuti panggilan telepon antara pejabat dari AS dan China. Para negosiator setuju untuk terus bekerja pada masalah yang tersisa.

Komentar itu muncul setelah Trump mengatakan bulan lalu bahwa kesepakatan perdagangan “satu fase” sedang dalam pengerjaan.

Washington dan Beijing telah memberlakukan tarif pada barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Pergerakan hari Rabu datang menjelang liburan Thanksgiving A.S. yang mana pasar akan ditutup pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research memperkirakan untuk pergerakan bursa Wall Street setelah libur Thanksgiving pada Senin mendatang, akan mencermati rilis data ISM Manufacturing PMI November AS yang jika terealisir meningkat akan menguatkan bursa. Juga akan mencermati perkembangan kesepakatan dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here