Harga Emas LLG Masih Di bawah Rekor Tinggi 1 Bulan

523

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas masih mampu bertahan di area positif setelah awal perdagangan sesi Asia hari Kamis (0/08) rebound dari posisi turun dari puncak harga tertinggi 1 bulan yang sempat dicapai pada perdagangan sesi eropa hari Rabu. Namun untuk harga emas batangan di pasar emas Indonesia turun tipis.

Harga emas spot atau LLG hanya naik tipis  karena sinyal yang bertentangan dari Washington dan Beijing yang memperpanjang ketidakpastian tentang kesepakatan perdagangan mereka, sehari setelah komentar  Presiden AS Donald Trump yang menyesalkan harapan untuk resolusi perdagangan ketika ia mengatakan kesepakatan mungkin harus menunggu sampai setelah pemilihan presiden AS pada November 2020.
Komentar Trump tersebut mendongkrak harga emas ke level tertinggi satu bulan ke posisi $ 1,484 pada hari Rabu, tetapi turun kembali setelah Trump mengatakan bahwa pembicaraan perdagangan dengan China berjalan  sangat baik.

 

Terpantau di pasar emas sesi Eropa, harga spot gold naik 0,1% menjadi $1,475.18 per troy ons  dan harga emas berjangka AS flat di $1,480.50. Sedangkan untuk harga emas batangan yang diproduksi dan diperdagangkan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alami penurunan  sebesar Rp.1000 ke posisi Rp.703.000 per gram.

Kekuatan harga emas juga di topang oleh posisi lemahnya dolar AS terhadap beberapa rival utamanya di pasar forex internasional. Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal menurut analyst Vibiz Research Center,   harga emas LLG berpotensi bergerak turun oleh sentimen optimisme baru kesepakatan dagang AS-China.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here