Kenaikan Minyak Dibatasi Pernyataan Bearish IEA

738

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak stabil pada hari Kamis pasca kesepakatan perdagangan Fase 1 antara Amerika Serikat dan China, tetapi kenaikan dibatasi setelah Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pihaknya memperkirakan produksi minyak melampaui permintaan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 2 sen menjadi $ 57,83 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 10 sen menjadi $ 64,10 per barel,

Di bawah apa yang disebut kesepakatan Fase 1 untuk menyerukan gencatan dalam perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia, China berkomitmen untuk membeli lebih dari $ 50 miliar lebih banyak minyak AS, gas alam cair, dan produk-produk energi lainnya selama dua tahun.

Harga minyak kembali ke kisaran perdagangan, kata para analis, ketika ancaman konflik antara Iran dan AS semakin surut.

Dalam sebuah catatan meyakinkan kepada pasar, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan produksi minyak dari negara-negara non-OPEC bersama dengan pasokan global melimpah.

IEA juga mengatakan pihaknya memperkirakan produksi untuk melampaui permintaan minyak mentah dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bahkan jika anggota mematuhi sepenuhnya pakta dengan Rusia dan sekutu non-OPEC lainnya untuk mengekang produksi.

Juga mendukung harga adalah data resmi AS yang menunjukkan penurunan yang jauh lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah.

Persediaan minyak turun 2,5 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dari penurunan 500.000 barel, menurut data dari Energy Information Administration (EIA).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik pasca penandatanganan kesepakatan dagang fase satu AS-China. Namun prediksi IEA yang menyatakan produksi minyak melebihi permintaan akan membatasi kenaikan. Harga  diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,30-$ 58,80. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,30-$ 56,80.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here