Harga Batubara NewCastle ICE Eropa Melonjak Tinggi Tinggalkan Kisaran $64.00

737

(Vibiznews – Commodity) – Membuka perdagangan  batubara di bursa berjangka internasional Eropa (ICE Futures Europe) yang berpusat di London hari Kamis (27/02/2020) dibuka menguat signifikan setelah perdagangan sebelumnya anjlok di posisi harga terburuk sejak Juli 2017.  Setelah itu perdagangan terus bergerak naik meninggalkan kisaran harga US$ 64.00.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Maret 2020 yang sedang berlangsung  berada di posisi 66,35 dollar per ton. Harga komoditas tersebut sedang naik sebesar 0,90 dollar atau 1,38% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.   Sebelumnya harga sempat turun ke posisi 64.65.

Pergerakan keatas harga batubara ini terjadi oleh aksi pasar melakukan bargain hunting  dari posisi harga yang sangat murah sebelumnya. Sentimen positif pasar  dipengaruhi sikap beberapa pemerintah negara yang terkena wabah virus corona mengantisipasi kerugian ekonomi yang akan dihadapi.

Sementara itu untuk harga batubara FOB Indonesia untuk kontrak bulan Mei yang diperdagangkan di ICE New York, masih stabil di posisi US$35.40 per ton. Posisi harga ini sudah berlangsung sejak perdagangan pekan lalu, setelah pekan sebelumnya di posisi US$35.50 per ton.

Analyst Vibiz Research Center melihat harga batu batubara secara teknikal saat ini berada di area oversold dan bergerak positif.  Berpotensi akan menanjak terus  ke posisi $67.00, jika tidak tembus dapat meluncur kembali ke posisi US$65.00.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here