Harga Minyak Merosot Tertekan Berbagai Sentimen Bearish

748

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak merosot untuk hari kedua berturut-turut pada hari Kamis (12/03) setelah Amerika Serikat melarang perjalanan dari Eropa menyusul keputusan Organisasi Kesehatan Dunia untuk menyatakan wabah coronavirus sebagai pandemi.

Kemerosotan minyak juga diperparah ancaman banjir pasokan murah karena Arab Saudi berjanji untuk meningkatkan produksi ke rekor tertinggi setelah kebuntuan pembicaraan dengan Rusia.

Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1,92, atau 5,82%, pada $ 31,06.

Harga minyak mentah berjangka Brent merosot $ 2,36, atau 6,59%, pada $ 34,43.

Kedua acuan minyak mentah dunia ini turun sekitar 50% dari tertinggi yang dicapai pada Januari dan mengalami penurunan satu hari terbesar pada Senin sejak Perang Teluk 1991 setelah Arab Saudi melancarkan perang harga dengan Rusia.

Bursa saham global juga turun pada hari Kamis setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan Amerika Serikat akan menangguhkan semua perjalanan dari Eropa saat ia mengumumkan langkah-langkah untuk mengatasi pandemi virus corona.

Larangan perjalanan, yang mengecualikan Inggris, diperkirakan akan menekan maskapai penerbangan A.S. Hal ini akan berarti penurunan lebih lanjut dalam permintaan untuk jet dan bahan bakar lainnya di pasar minyak yang sudah terpukul.

Uni Emirat Arab mengikuti Arab Saudi dalam mengumumkan rencana untuk meningkatkan produksi minyak setelah gagalnya kesepakatan antara OPEC, Rusia dan produsen lain, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, untuk menahan pasokan dan menopang harga.

Perusahaan minyak nasional UEA, ADNOC, mengatakan pihaknya berencana untuk meningkatkan penjualan minyak mentah menjadi lebih dari 4 juta barel per hari (bph) dan mempercepat dorongan untuk meningkatkan kapasitas sebesar seperempat hingga 5 juta barel per hari.

Administrasi Informasi Energi AS (EIA) dan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) telah memangkas perkiraan untuk permintaan minyak karena wabah coronavirus dan memperkirakan permintaan untuk melemah kuartal ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak bergerak lemah tertekan berbagai sentimen bearish baik pelarangan wisatawan Eropa ke AS yang menekan permintaan bahan bakar, peningkatan status wabah virus corona menjadi pandemi yang menekan permintaan dan peningkatan produksi oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Rusia dan AS. Harga minyak berjangka AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 29.29-$ 28.74, jika harga naik akan bergerak kisaran Resistance $ 31.67-$ 32.22.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here