Harga Karet Tocom 2 April Masih Turun Terus, Meski Minyak Rebound

864

(Vibiznews – Commodity) – Reboundnya harga minyak mentah dunia yang menghijaukan sebagian bursa saham global, juga memberikan kekuatan pada perdagangan karet berjangka di bursa komoditi Singapura (Sicom) dan Shanghai  hari Kamis (02/04/2020). Untuk harga karet di bursa Tocom ditutup lebih rendah melanjutkan trend perdagangan sebelumnya.  

Harga karet di Tocom biasanya sangat terpengaruh dengan pergerakan harga minyak mentah, demikian juga dengan posisi pelemahan mata uang yen Jepang hanya sedikit batasi pelemahan harga karet.

Harga minyak mentah rebound setelah setelah Presiden Trump mengatakan keyakinannya akan  Rusia dan Arab Saudi  segera mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan sengketa harga minyak dan bahwa dia dapat bergabung dalam pembicaraan jika perlu.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan September 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup turun hingga  0,9 yen atau 0,63% dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 140,6  yen setelah sempat naik pada posisi 141.1 yen dan turun ke posisi 138,3 yen.  

Untuk harga karet Kontrak yang banyak diperdagangkan di Sicom, kontrak bulan September 2020, harga kontrak naik US$ 2,8 atau 2,6 persen menjadi US$ 110.3. Demikian di bursa Shanghai (SHFE), harga naik sekitar 135 yuan atau 1,3% ke posisi 9745 yuan.

Jul Allens / Analis Senior Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here