Trump Meminta Rusia dan Arab Saudi Mengakhiri Perang Harga Minyak

1259

(Vibiznews – Commodity) Presiden AS Donald Trump telah mengundang eksekutif minyak AS ke Gedung Putih untuk membahas cara-cara membantu industri minyak dengan merosotnya permintaan energi selama wabah coronavirus dan perang harga antara Arab Saudi dan Rusia.

Trump juga mengatakan baru-baru ini telah berbicara dengan para pemimpin Rusia dan Arab Saudi dan percaya kedua negara akan membuat kesepakatan untuk mengakhiri perang harga mereka dalam beberapa hari sehingga menurunkan produksi dan membawa harga kembali stabil.

Harga minyak global telah turun sekitar dua pertiga tahun ini karena coronavirus telah menekan ekonomi global dan pada saat yang sama produsen utama Arab Saudi dan Rusia mulai membanjiri pasar dengan minyak.

Berbicara kepada Reuters pada hari Kamis, sumber pertimbangan senior di Teluk yang akrab dengan Arab Saudi mengatakan Kerajaan mendukung kerja sama antara produsen minyak untuk menstabilkan harga tetapi oposisi Rusia terhadap proposal bulan lalu untuk memperdalam pengurangan pasokan telah menyebabkan gejolak pasar.

Jatuhnya harga telah mengancam industri pengeboran A.S, dan Washington telah berupaya keras untuk melindungi sektor ini.

Dalam pertemuan mendatang dengan eksekutif minyak, Trump diperkirakan akan membahas berbagai opsi untuk membantu industri, termasuk kemungkinan tarif impor minyak dari Arab Saudi, menurut Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan pertemuan yang direncanakan.

Pengebor utama yang diharapkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan awal pada hari Jumat termasuk Exxon Mobil Corp, Chevron Corp, Occidental Petroleum Corp, dan Continental Resources, menurut Journal.

Sebuah sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa penyuling minyak dan produsen kecil juga akan diwakili dan masalah potensi keringanan royalti pada sewa lepas pantai dan darat federal yang ada akan dibahas.

American Petroleum Institute, yang mewakili industri minyak dan gas AS, mengatakan presidennya Mike Sommers akan menghadiri pertemuan awal.

API, yang banyak di antara anggotanya beroperasi secara global, di masa lalu menyatakan menentang tarif perdagangan karena dapat mempersulit proyek dan hubungan bisnis di negara lain.

Kelompok itu pada 20 Maret, mengirim surat kepada pemerintahan Trump meminta bantuan dari beberapa persyaratan peraturan untuk memastikan pasokan tetap selama coronavirus.

Trump pekan ini menyebut perang harga Rusia dan Arab Saudi bahaya dan berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang masalah ini. Pejabat energi top dari kedua negara kemudian berbicara dan setuju untuk melanjutkan diskusi bersama produsen dan konsumen minyak global lainnya, menurut Kremlin.

Pemerintahan Trump mengatakan pihaknya juga berencana untuk mengirim utusan khusus ke Riyadh untuk mendorong hasil yang lebih rendah.

Pasokan minyak mentah Arab Saudi naik pada hari Rabu ke rekor lebih dari 12 juta barel per hari, dua sumber industri mengatakan, meskipun ada penurunan permintaan yang dipicu oleh wabah coronavirus dan tekanan A.S. pada kerajaan untuk berhenti membanjiri pasar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here