Harga Batubara NewCastle 7 April Dibuka pada Posisi Terendah Sejak Juni 2016

461

(Vibiznews – Commodity) – Membuka perdagangan komoditas berjangka untuk batubara acuan internasional di bursa ICE Eropa hari Selasa (07/04/2020), harga batubara semakin turun setelah perdagangan sebelumnya berakhir di posisi terendah sejak perdagangan bulan Juni 2016.

Kebijakan darurat sipil terus berlanjut di negara-negara besar yang terdampak pandemik coronavirus, sehingga kebutuhan listrik berkurang dan tidak menguntungkan bagi perdagangan batubara. Kondisi fundamental ini juga diperberat oleh ditundanya impor negara konsumen terbesar dunia seperti China dan India. 

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2020 dibuka pada posisi 62,10 dollar per ton dan kini harga terus turun ke posisi 61.90. Perdagangan sebelumnya ditutup pada posisi 62.10 atau telah turun 0,65 persen  dari perdagangan akhir pekan.

Sementara itu untuk harga batubara Indonesia (ICI 4) untuk kontrak bulan Mei di bursa NYMEX, tidak alami perubahan pada penutupan sesi tadi pagi dan harga berada di posisi US$31.35 per ton. Perdagangan kembali akan dibuka pada perdagangan sesi Amerika malam nanti.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here