Harga Karet Tocom 9 April Masih dalam Trend Bullish

991

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka di bursa komoditas Jepang (Tocom) perdagangan hari Kamis (09/04/2020) masih bergerak di harga tertinggi untuk kontrak bulan September yang paling ramai diperdagangkan. Trend kenaikan harga karet di Tocom ini masuki hari kelima berturut.  

Pergerakan keatas harga karet Tocom yang juga diikuti perdagangan berjangka di Singapura dan China masih dipengaruhi posisi harga minyak mentah acuan dunia yang kuat meskipun terdapat beberapa koreksi. Posisi bullish harga minyak mentah merespon pertemuan Amerika Serikat dengan OPEC hari ini untuk pengurangan produksi minyak mentah mereka.

Selain itu sentimen positif di Tocom terus terjaga oleh posisi yen Jepang yang masih melemah terhadap dolar AS dalam pair USDJPY masuki hari kedua. Lemahnya nilai mata uang yen Jepang sangat menguntungkan perdagangan karet di bursa Tokyo yang berdenominasi yen. 

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan September 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup naik  hingga  3,2 yen atau 2,1% dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154,5  yen setelah sempat naik pada posisi 155,5 yen dan turun ke posisi  152.6 yen.

Namun untuk harga karet Kontrak yang banyak diperdagangkan di Sicom, kontrak bulan September 2020, harga kontrak turun  US$ 0,1 atau 0,09 persen menjadi US$ 116.3. Untuk perdagangan bursa Shanghai (SHFE) ditutup dengan harga di posisi 10100 yuan, yang naik sekitar 90 yuan atau 1,9% dari posisi sebelumnya.

Jul Allens / Analis Senior Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here