Harga Karet Tocom 20 April Naik Moderat, Sempat Capai Rekor Tinggi

1151

(Vibiznews – Commodity) – Pemulihan harga karet  di bursa  komoditas Jepang (Tocom) akhir pekan lalu berlanjut hingga perdagangan hari Senin (20/04/2020), terpantau harga karet kembali menguat. Namun kenaikan harga karet hanya moderat, dibatasi oleh posisi harga minyak mentah yang semakin lemah.

Harga karet sempat naik ke posisi rekor harga tertinggi sepanjang kontrak diperdagangkan untuk kontrak bulan September 2020 oleh posisi pelemahan yen Jepang, namun terpangkas dengan posisi penutupan masih diatas harga akhir pekan lalu.

Harga minyak dunia sedang anjlok signifikan hingga turun ke posisi harga terendah dalam 20 tahun lebih, harga minyak mentah berjangka jenis Brent diperdagangkan di bawah posisi harga US$28 per barel. Kondisi ini menekan perdagangan karet yang sempat melaju kuat oleh pelemahan yen Jepang.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan September 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup naik hingga  1,1 yen atau 0,7% dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 154,9  yen setelah sempat naik pada posisi 156,9 yen dan turun ke posisi  152.8 yen.

Untuk harga karet kontrak yang banyak diperdagangkan di  bursa Shanghai (SHFE) ditutup dengan harga di posisi 10140 yuan, yang naik sekitar 95 yuan atau 1% dari posisi sebelumnya. Demikian  untuk perdagangan di Sicom, harga karet untuk kontrak berjangka bulan September 2020 naik US$1,3 atau 1,11% ke posisi harga US$118.5. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here