Harga Batubara NewCastle 6 Mei Bergerak Lebih Tinggi

612

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara acuan dunia alami kenaikan pada pembukaan  perdagangan komoditas berjangka  bursa ICE Eropa hari Rabu (06/05/2020), dimana harga batubara NewCastle melompat dari posisi penguatan harga sebelumnya. Menguatnya kembali harga batubara ini ditopang oleh rally harga minyak mentah sebelum sesi Eropa dibuka. 

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$53,00 per ton  yang menguat 0.95 poin atau 1,83% dari penutupan perdagangan sebelumnya yang dalam kisaran US$51,00.

Harga minyak mentah jenis Brent pada perdagangan sesi Asia sempat turun ke kisaran US$30.56 per barel atau turun 0,05 persen lebih dari perdagangan sebelumnya. Namun kini pada sesi Eropa bergerak naik hingga naik 1,16% dari perdagangan sebelumnya.

Secara fundamental, aktivitas ekonomi global yang berkurang secara signifikan menurunkan permintaan batubara  sebagai konsekuensi dari berkurangnya permintaan akan energi.  Pasar ekspor  batubara terbesar di Australia menunjukkan berkurangnya permintaan batubara.

Impor Jepang turun 3% pada kuartal pertama menurut statistik perdagangan dari Kementerian Keuangan negara tersebut. Jepang adalah tujuan ekspor batubara terbesar di Australia. Impor batubara  Korea Selatan juga  turun ke level terendah sepuluh tahun pada kuartal pertama karena virus corona dan penghentian sementara pabrik batubara.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here