Harga Kakao Di London Naik ke Tertinggi Satu Minggu

768
kakao

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis di London naik ke tertinggi satu minggu, karena melemahnya GBP ke terendah dua minggu, sehingga meningkatkan harga kakao yang berdasarkan sterling.

Harga kakao Juli di ICE New York naik pada penutupan hari Kamis naik $18 (0.76%) menjadi $2,381 per ton dan harga kakao Juli di ICE London naik 1.36%.

Kenaikan harga kakao akan  terbatas karena cuaca di Afrika Barat sangat baik bagi tanaman kakao. Hujan yang cukup di Afrika Barat dapat meningkatkan hasil panen di Ivory Coast dan Ghana, dua produsen terbesar kakao dunia. Laporan dari US Climate Prediction Centre pada hari Senin curah hujan di Afrika Barat selama 26 April – 2 Mei curah hujannya diatas rata-rata.

Berkurangnya pengiriman kakao dari Afrika Barat membuat harga kakao naik. Pemerintah Ivory Coast pada hari Senin melaporkan bahwa petani mengirim 18,667 MT kakao ke pelabuhan selama 27 April- 3 Mei turun 42.9% dari tahun sebelumnya. Dalam periode yang lebih lama terjadi penurunan pengiriman kakao dari petani di Ivory Coast ke  pelabuhan menjadi sebesar 1.89 MMT selama 1 Okt- 3 Mei namun masih naik 1.1% dari tahun lalu pada periode yang sama.

The Ghana Cocoa Board melaporkan pada hari Selasa pemerintah  membeli kakao dari petani pada 1 Okt – 16 April sebesar 698,493 MT turun 0.9% dari tahun lalu. Pada hari Senin the Ghana Cocoa Board mengurangi perkiraan panen kakao menjadi ke terendah 4 tahun di 780,000 MT,  turun dari perkiraan Oktober sebesar 800,000 MT.

Harga kakao meningkat  setelah Nielsen melaporkan pada hari Selasa bahwa permintaan coklat AS naik 5.7% dari tahun lalu dalam 8 minggu terakhir sampai 18 April.

Pemerintah Ivory Coast memperpanjang waktu negara dalam posisi darurat untuk pencegahan penyebaran covid-19 sampai 15 Mei, sehingga mengganggu pengiriman  kakao dari petani ke pelabuhan.

Persediaan kakao hasil monitoring kakao meningkat ke 9 ½ bulan tertinggi menjadi 4.346 juta kantong pada hari Jumat lalu dari terendah 3 ¼ tahun di 2.688 juta kantong,

Analisa tehnikal kakao dengan support pertama di $2,340 dan berikut ke $2,310 sedangkan resistant pertama di $2,420 dan berikut ke $2,520.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here