Harga Batubara Dunia di ICE Eropa Naik Tinggi Selama 2 Hari

504

(Vibiznews – Commodity) – Optimisme dibukanya kembali kegiatan ekonomi pasca covid-10 negara-negara besar di Amerika dan Eropa memberikan sentimen kuat bagi perdagangan batubara di bursa Internasional. Hal tersebut terlihat pada perdagangan bursa ICE Eropa pekan ini alami penguatan selama 2 hari berturut hingga naik ke posisi harga tertinggi dalam 3 pekan perdagangan.

Harga batubara NewCastle  dibuka lebih tinggi pada perdagangan bursa ICE Eropa hari Selasa (12/05/2020), untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$53,75 per ton dan kini bergerak kuat ke posisi US$53.90 yang menguat 0.55 poin atau 1,03% dari penutupan perdagangan sebelumnya yang dalam kisaran US$53,35.

Pergerakan kuat harga batubara ini juga  mendapat support dari pergerakan naik harga gas alam dan juga harga minyak mentah  di pasar komoditas Eropa. Terpantau harga gas alam naik 0,38% per MMBtu ke posisi 1.8340/MMBtu dan minyak mentah jenis Brent pada perdagangan sesi Eropa naik 1,25%  ke kisaran US$30.00 per barel.

Secara fundamental, optimisme dibukanya kembali kegiatan ekonomi beberapa negara besar seperti di Eropa menuntut permintaan batubara sebagai sumber energy dan memberikan harapan bangkitnya permintaan akan komoditas batubara.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here