Ketegangan AS-China vs Harapan Vaksin Coronavirus – Market Mover by Asido Situmorang 27 Mei 2020

1123

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global pada pekan ini diwarnai oleh 2 sentimen yang saling tarik menarik. Sentimen positif harapan penemuan vaksin virus corona dan pembukaan kembali kegiatan ekonomi menghadapi sentimen negatif ketegangan AS-China.

Sentimen positif pasar datang dari optimisme penemuan vaksin virus corona. Perusahaan bioteknologi Amerika Serikat Novavax mengatakan pada Senin, bahwa mereka memulai studi pertama percobaan vaksin virus corona terhadap manusia, dimana diperkirakan hasil awal terhadap respon keamanan dan kekebalan akan keluar pada bulan Juli. Sebelumnya juga ada laporan baru-baru ini dari perusahaan Moderna tentang perkembangan positif dalam uji coba vaksinnya di mana semua 45 peserta telah mengembangkan antibodi coronavirus.Sementara itu perusahaan Pembuat obat Amerika Serikat, Merck pada hari Selasa berencana untuk bekerja bersama organisasi penelitian ilmiah nirlaba IAVI untuk mengembangkan vaksin virus corona. Sebagian besar pakar sepakat bahwa diperlukan waktu 12 hingga 18 bulan untuk meluncurkan vaksin yang aman ke pasar. Bahkan jika vaksin yang efektif tersedia, banyak yang telah memperingatkan tentang tantangan logistik yang signifikan dalam mendistribusikan dosis yang cukup untuk populasi global.

Sedangkan sentimen bearish datang dari ketegangan AS-China. Investor juga mengawasi ketegangan antara AS dan China, yang menunjukkan tanda-tanda eskalasi selama akhir pekan. Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Robert O’Brien, pada Minggu mengatakan AS kemungkinan akan menjatuhkan sanksi terhadap China jika Beijing menerapkan hukum keamanan nasional yang akan memberinya kontrol lebih besar atas Hong Kong yang otonom. Presiden AS Donald Trump mengatakan Selasa sore bahwa dia akan membuat pengumuman tentang tanggapan pemerintah AS terhadap tindakan China pada akhir minggu ini.

Sentimen lain yang juga perlu diperhatikan adalah data ekonomi dari AS yaitu klaim pengangguran, Durable Goods Orders dan perkiraan GDP Growth Rate AS kuartal pertama, juga data persediaan minyak mentah mingguan AS yang semuanya akan dirilis pada Kamis malam.

Bagaimana kedua sentimen penting tersebut mempengaruhi pasar global?

Pasar perlu mencermati kedua sentimen ini, sentimen mana yang lebih kuat pergerakannya dan berkembang, maka sentimen tersebut yang akan mempengaruhi pasar.

Diperkirakan menjelang pengumuman AS terhadap tindakan apa yang akan dikenakan terhadap China akhir minggu ini, maka Pasar akan terpengaruh dengan sentimen ketegangan AS-China ini.

Jika sentimen ketegangan AS-China menguat, dari pasar index maka akan terjadi tekanan terhadap bursa saham global, baik bursa Wall Street, bursa Asia juga Eropa.
Sedangkan dari pasar forex, dolar AS berpotensi naik jika ketegangan AS-China terus menguat sehingga memunculkan permintaan mata uang safe haven, Yen Jepang juga dapat menguat.

Dari pasar komoditas, harga emas juga dapat naik seiring perningkatan permintaan safe haven jika ketegangan AS-China meningkat. Sedangkan harga minyak bisa tertekan karena kekuatiran permintaan, juga akan mencermati persediaan pasokan mingguan AS.

Namun jika sentimen penemuan vaksin virus corona dan pembukaan kegiatan ekonomi meningkat dan lebih kuat, akan membalikkan pergerakan pasar tersebut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here