Harga Karet Tocom 25 Agustus Tertinggi Sepekan, Sicom Retreat

1291

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan yang kuat pada harga karet di bursa komoditas internasional terus berlanjut hingga perdagangan hari Selasa (25/8/2020), kecuali  di bursa Sicom yang alami profit taking. Untuk harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang  menguat ke posisi penutupan tertinggi sepekan, bahkan sempat menanjak ke posisi tertinggi 3 pekan sebelum penutupan.

Dorongan beli investor mengikuti sentimen pergerakan kuat bursa saham global akan harapan pemulihan ekonomi yang lebih cepat oleh berita pengobatan terbaik covid-19 melalui terapi plasma darah dan juga pertimbangan AS untuk pengujian cepat vaksin anti covid-19 dari Inggris.

Selain itu juga pergerakan kuat harga karet di bursa Osaka, Sicom dan Shanghai mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak mentah acuan dunia yang semakin kuat. Kekuatan tambahan bagi perdagangan karet Tocom yaitu berlanjutnya pelemahan kurs yen Jepang terhadap dolar AS.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 1,5 yen atau 0,87%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 176.3 yen, tertinggi sejak 19 Agustus. Sempat turun ke posisi rendah di 174,9 dan bergerak kuat  ke posisi 178,7.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan November 2020 bergerak turun $0,5 atau 0,37% ke posisi 135,1. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12545 yuan, yang menguat 70 yuan atau 0,5% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here