Harga Karet Tocom 6 Oktober Tambah Kuat, Gain 2 Hari Berturut

996

(Vibiznews – Commodity) –  Harga karet Tocom akhir sesi Selasa (6/10/2020) di bursa Osaka-Jepang gain kuat selama 2 hari berturut, yang diikuti oleh perdagangan bursa komoditas internasional lainnya seperti Sicom. Harga karet Tocom kini berada di posisi tertinggi sepekan lebih. 

Lompatan harga karet tersebut mendapat support dari pergerakan harga minyak mentah global yang bullish seama 2 hari terakhir. Kenaikan harga minyak mentah mendapat dukungan dari berita perkembangan kesehatan Presiden Trump. Namun laju harga karet Tocom hari ini dibatasi oleh posisi yen Jepang yang bangkit terhadap dolar AS sejak awal sesi.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup naik  2,6 yen atau 1,39% ke posisi 189.6 yen per kg. Sempat  bergerak kuat ke posisi 190,0 dan turun ke   posisi 186,5.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Desember 2020 ditutup menguat  $0,4 atau 0,29% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 138,3. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), bursa masih libur dan harga karet kontrak bulan Januari 2021 terakhir berada di posisi 12350 yuan.

Secara fundamental perdagangan karet global memiliki 2 sentimen yang kuat seperti dipangkasnya perkiraan produksi globalnya untuk tahun 2020 menjadi 13,2 juta triliun oleh ANRPC dan laporan meningkatnya ekspor karet Thailand untuk produksi  ban mobil dan sarung tangan latex.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here