Bursa Eropa Turun Tajam Terpicu Ketidakpastian Stimulus AS dan Lonjakan Covid19

742
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa turun tajam pada hari Kamis (15/10) karena memudarnya harapan bahwa paket stimulus AS akan disetujui sebelum pemilihan November, dan pembatasan kembali di seluruh Eropa karena lonjakan infeksi virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 2,4% pada pertengahan pagi, dengan otomotif jatuh 3,9% untuk memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama tergelincir ke wilayah negatif.

Indeks FTSE melemah -2,27%. Indeks DAX merosot -2,86%. Indeks CAC -2,21%.

Pasar Eropa mengikuti pasar di AS semalam dengan saham berjangka lebih rendah karena pedagang terus menimbang prospek kesepakatan bantuan virus corona yang dicapai sebelum pemilihan 3 November.

Dow Jones Industrial Average berjangka turun 107 poin. S&P 500 futures dan Nasdaq 100 futures juga diperdagangkan di wilayah negatif.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pada hari Rabu bahwa mencapai kesepakatan stimulus virus corona sebelum pemilihan akan sulit karena Demokrat dan Republik tetap berjauhan dalam masalah tertentu.

Kekhawatiran virus Corona terus membebani sentimen juga karena infeksi melonjak di wilayah tersebut. Pemerintah Prancis mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada hari Rabu ketika negara itu melihat rawat inap dari Covid-19 melonjak di atas ambang batas 9.100 untuk pertama kalinya sejak 25 Juni, Reuters melaporkan.

Kasus baru virus corona yang dikonfirmasi di Prancis mencapai 22.591 dalam 24 jam, melampaui jumlah hari sebelumnya dengan sekitar 10.000 kasus. Keadaan darurat memberi pejabat lebih banyak kekuatan untuk menghadapi penyebaran Covid-19.

Roche pada hari Kamis mengkonfirmasi prospek tahun 2020 penuh tetapi melihat sahamnya tergelincir 3,4% pada awal perdagangan setelah kehilangan ekspektasi penjualan untuk kuartal ketiga.

Lufthansa memimpin penurunan luas untuk sektor perjalanan, jatuh lebih dari 5,8%, sementara saham Technipfmc turun 6% setelah perusahaan minyak dan gas tersebut memasuki kemitraan strategis dengan McPhy pada hidrogen hijau. Thyssenkrupp dan Whitbread juga turun lebih dari 6%. Perusahaan penyimpanan hidrogen Norwegia, Nel, turun 8%.

Di puncak indeks blue chip Eropa, operator mal URW melonjak lebih dari 9% pada tengah pagi setelah kelompok pemegang saham utama menentang strategi dan penerbitan haknya.

Perusahaan farmasi Spanyol Grifols melihat sahamnya naik lebih dari 5% setelah saingannya Vertex membatalkan uji klinis utama dari pengobatan gangguan defisiensi baru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi lemah merespon ketidakpastian stimulus AS dan pembatasan sehubungan peningkatan kasus virus corona di Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here