Tingginya Harga Karet Tocom dan Sicom Masih Berlanjut

2162

(Vibiznews – Commodity) – Komoditas karet sedang ramai diperdagangkan di bursa komoditas internasional dengan harga sedang berada di posisi tertingginya. Harga karet di Sicom termahal sepanjang masa, harga di SHFE dan Tocom tertinggi  dalam 3 tahun lebih. Posisi harga karet yang tinggi sudah berlangsung cukup lama, di Tocom dan Sicom sudah berlangsung sejak 16 Oktober.

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE) pada sesi Rabu (28/10/2020), khusus untuk kontrak bulan Januari 2021 ditutup menguat 935 poin atau 5,9% ke posisi 16535 yuan. Harga karet di SHFE sudah bergerak rally sejak perdagangan 5 Oktober. Kekuatan harga karet di SHFE dipicu oleh meningkatnya permintaan karet untuk industri otomotif dan kesehatan China.  

Sentimen positif yang mengangkat harga karet selama ini dipicu oleh meningkatnya permintaan dari China dan India sebagai negara konsumen terbesar di dunia dan terganggunya supply di negara produsen utama karet seperti Vietnam dan Thailand. Asosiasi Negara Produsen Karet Alam memperkirakan produksi global telah turun hampir lima persen hingga akhir tahun 2020.   

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup menguat 20,1 yen atau 7,91% ke posisi 274.3 yen per kg, tertinggi sejak 6 Maret 2017. Sempat bergerak tinggi ke posisi 275,1 setelah dibuka pada  posisi 255,8.

Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Januari 2021 ditutup naik US$7,6 atau 4,42% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 179,7, masih di posisi rekor tertinggi sepanjang sejarah. Harga karet Sicom sudah bergerak rally selama 8 sesi berturut sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here