Bursa Eropa Naik Terangkat Peningkatan Data Manufaktur Eropa

558
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Senin terdukurng peningkatan data manufaktur zona Eropa mendorong sentimen.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,47%. Saham konstruksi dan material melonjak 2% memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 1%. Indeks DAX menguat sekitar 2%. Indeks CAC meningkat 1,8%.

Data PMI manufaktur akhir bulan Oktober untuk zona Eropa berada di 54,8, naik dari 53,7 pada bulan September dan melampaui ekspektasi. Kejutan naik sebagian didorong oleh aktivitas pabrik yang bangkit kembali di Jerman.

Fokus pasar juga selaras dengan ketidakpastian menjelang pemilu AS dan perkembangan virus corona terbaru. Saham berjangka AS melonjak Senin pagi meskipun ada peningkatan kekhawatiran atas efek pandemi virus corona pada ekonomi global.

Pemerintah Inggris pada Sabtu mengumumkan penguncian nasional untuk Inggris, menjadikannya negara terbaru yang kembali ke penutupan nasional, yang dimulai pada hari Kamis, untuk mencoba membendung peningkatan pesat dalam kasus dan rawat inap karena virus.

Ada sentimen ketidakpastian hasil pemilihan presiden AS pada hari Selasa karena persaingan kandidat presiden dapat menunda stimulus fiskal untuk ekonomi AS.

Dalam hal aksi harga saham individu, supermarket online Ocado naik lebih dari 10% setelah mengumumkan akuisisi dua perusahaan rintisan robotika AS. Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan teknologi material Belgia Umicore turun lebih dari 7%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik terdukung peningkatan data manufaktur zona Eropa bulan Oktober. Namun penguncian akibat lockdown di berbagai negara Eropa dapat mengurangi kenaikan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here