Pertumbuhan Manufaktur Oktober Zona Eropa Meningkat

546
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan manufaktur di zona Eropa melonjak pada Oktober yang didorong oleh kenaikan di Jerman, sebuah survei menunjukkan.

Aktivitas di industri jasa yang dominan di blok itu mengalami kontraksi bulan lalu ketika gelombang kedua virus melanda seluruh Eropa.

Ketika virus meningkat kembali, Jerman dan Prancis – dua ekonomi terbesar blok itu – kembali memberlakukan langkah-langkah penguncian yang ketat, kemungkinan akan memberikan pukulan berat lebih lanjut bulan ini karena restoran, pusat kebugaran, dan toko tetap tutup.

Namun, Indeks Manajer Pembelian Manufaktur akhir IHS Markit naik menjadi 54,8 pada Oktober dari 53,7 September, pembacaan tertinggi sejak Juli 2018 dan mendekati perkiraan flash 54,4. Angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

Indeks yang mengukur produksi, yang dimasukkan ke dalam PMI Komposit yang akan dirilis pada hari Rabu dan dipandang sebagai ukuran yang baik untuk kesehatan ekonomi, melambung ke 58,4 dari 57,1 pada bulan September, mengalahkan bacaan kilat 57,8.

Pabrik-pabrik Jerman mengalami rekor pertumbuhan dalam pesanan baru pada bulan Oktober tetapi baru-baru ini memberlakukan kontrol yang hampir seketat penguncian fase pertama krisis yang menunjukkan setidaknya beberapa dari aktivitas manufaktur itu mungkin dibatasi.

Aktivitas manufaktur di Prancis sedikit menguat meskipun penguncian barunya juga kemungkinan akan menghantam sektor ini segera.

Di Inggris, di luar serikat mata uang dan karena akan dikunci kedua sejak Kamis, pabrik kehilangan lebih banyak momentum, terutama di antara pembuat barang konsumen, menambah tanda-tanda perlambatan ekonomi karena kasus virus corona meningkat lagi.

Itu adalah gambaran yang sama di Eropa tengah, karena ekonomi di sana membukukan aktivitas yang lebih baik, dengan peningkatan lapangan kerja, tetapi langkah-langkah penguncian dan penyebaran infeksi yang cepat menandakan perlambatan.

Ada risiko tinggi kenaikan virus corona yang sekarang sedang berlangsung di seluruh Eropa akan menghentikan pemulihan zona euro yang baru lahir, jajak pendapat Reuters baru-baru ini menunjukkan.

Ekonomi zona Eropa mengalami kontraksi 11,8% pada kuartal kedua, ketika banyak bisnis ditutup dan warga didesak untuk tinggal di rumah. Tapi itu berkembang jauh lebih baik dari perkiraan 12,7% pada kuartal lalu setelah banyak pembatasan penguncian dikurangi, data resmi menunjukkan pada hari Jumat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here