Harga Karet Tocom Awal Pekan Terkoreksi, Karet SHFE Paling Anjlok

2415
karet, minyak mentah, harga

(Vibiznews – Commodity) – Mengakhiri perdagangan karet bursa komoditas internasional awal pekan, harga Tocom pada sesi Senin (9/11/2020) terkoreksi dari gain 2 sesi berturut pekan lalu. Penurunan harga juga terlihat pada karet bursa Shanghai dan juga di Sicom, bahkan anjlok 4% lebih di SHFE ke posisi terendah sebulan.  

Anjloknya harga karet dipicu oleh laporan Asosiasi Karet Thailand yang mengatakan bahwa harga lateks dan produk karet telah turun tajam setelah beberapa negara Eropa mengumumkan lockdown. Produsen pembuat mobil menunda impor karet karena khawatir  tidak akan bisa menjual mobil dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, Thailand sebagai negara produsen utama dunia juga melaporkan bahwa produksi karet sekitar 10% lebih rendah dari biasanya karena seringnya hujan lebat di wilayah Selatan yang menghalangi petani untuk memanen getah karet.

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup anjlok 6,9 yen atau 3,10% ke posisi 215.4 yen per kg.  Sempat bergerak turun ke posisi 208,1 dan naik pada  posisi 222,0.

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Januari 2021 ditutup turun 710 poin atau 4,7% ke posisi 14290 yuan, terendah sejak 10 Oktober. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Januari 2021  ditutup menurun US$2,8 atau 1,81% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 151,5.  

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here