Survei Konsumen BI November 2020: Keyakinan Konsumen Semakin Membaik

823
Survei Penjualan Eceran Mei 2024
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan pada bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik pada November 2020. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2020 sebesar 92,0, meningkat dibandingkan 79,0 pada bulan sebelumnya. Keyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 17 kota, tertinggi terjadi di kota Pontianak, diikuti oleh Samarinda, dan Bandar Lampung.

“Perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang. Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik meski masih berada pada area kontraksi, terutama disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja,” demikian penjelasan Departemen Komunikasi BI kepada media, (8/12).

Sumber: BI, 8-12-2020

Analis Vibiz Research Center melihat sentimen dan ekspektasi konsumen terus membaik dan berada sedikit di bawah rentang garis optimis 100 pada November 2020. Secara grafis dapat terlihat kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan indeks bulan sebelumnya. Sekalipun pandemic dunia masih memanjang dan memberikan tekanan pada sentimen konsumen di seluruh dunia, tetapi upaya dan kerja keras pemerintah Indonesia serta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berusaha menjaga keseimbangan antara kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi semakin terlihat dampak positifnya. Kita harapkan periode-periode berikutnya keyakinan konsumen akan mencapai tahap optimisnya, apalagi dengan berita kedatangan vaksin virus baru-baru ini dan siap didistribusikan.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here