Harga Kakao Di London Naik, Permintaan Pabrik Penggilingan Meningkat

497
kakao

(Vibiznews – Commodity) –  Harga kakao di London naik pada hari Senin, sedangkan bursa di New York tutup karena libur nasional, karena peningkatan permintaan dari  pabrik penggilingan kakao di Amerika Utara dan Asia, data dari Eropa akan keluar hari Rabu

Harga kakao di ICE London naik 6 pounds atau 0.35% menjadi 1,740 pound per ton

Harga kakao naik karena data penggilingan kakao global membaik.  Untuk data penggilingan kakao di Asia turun 4.2% dari tahun lalu menjadi 217,546 MT penurunannya lebih kecil dari 9%  pada tahun lalu,Juga di Amerika Utara data penggilingan kakao naik 7% dari tahun lalu menjadi 118,043 MT, lebih besar dari perkiraan sebesar turun 2.5 % dari tahun lalu. Data turunnya permintaan penggiling 2.5% dari tahun lalau namun jumlah itu tertinggi  kuartal 4 dalam 5 tahun. Pada hari Kamis data penggilingan kakao di Malaysia turun 2.5% dari tahun lalu menjadi 87.163 MT dan total kakao yang digiling di Malaysia turun 8.1% dari tahun lalu menjadi 315,911 MT.

Data dari Gepex Ivory Coast, group 6 perusahaan penggilingan kakao terbesar di dunia mengatakan bahwa pada bulan Desember Gepex memproses kakao naik 3.7% dari tahun lalu menjadi 49,257 MT.

Harga  kakao tertekan pada minggu lalu sehingga sempat turun ke  terendah 3 ½ minggu karena pandemi covid -19 gelombang ke dua mengakibatkan lockdown yang mengakibatkan restoran dan toko ditutup  sehingga mengurangi permintaan coklat.  Inggris melakukan penutupan sekolah dan semua aktivitas sosial sampai 15 Februari dan Jerman memperpanjang lockdown sampai akhir Maret.

Researcher IRI mengatakan bahwa penjualan retail coklat dalam 13 minggu sampai 27 Desember turun 2.7% dari tahun lalu.

Pemerintah Ivory Coast mengatakan bahwa petani mengirim 83,705 MT kakao ke pelabuhan selama 4 – 10 Januari naik 32% dari minggu lalu, total pengiriman kakao ke pelabuhan dari 1 Oktober sampai 10 Januari turun 3.1% dari tahun lalu menjadi 1.27 MMT.

Di Ivory Coast, produsen kakao terbesar di dunia, hujan jarang turun, tetapi matahari terus bersinar di daerah perkebunan kakao, membuat  pertumbuhan tanaman kakao berlangsung dengan baik, sehingga dapat dipetik buahnya di bulan April – September.

Cuaca di Ivory Coast  saat ini musim kering, dari pertengahan Nopember sampai Maret, sehingga hujan tidak turun. Pertumbuhan tanaman dalam keadaan baik sejak Desember  dibanding tahun lalu. Panen besar kakao diharapkan terjadi pada tiga bulan pertama jika cuaca tidak terlalu kering dan panas di bulan Februari.

Para petani sulit menjual biji kakao walaupun di bawah harga yang diijinkan 1,000 CFA franc ($1.81) per kg, karena turunnya permintaan global karena pandemi covid-19

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,460 dan berikut ke $2,440 sedangkan resistant pertama di $2,550 dan berikut ke $2,650.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here