Review Harga Pada Penutupan Pasar Soft Commodities Hari Senin, Pergerakan Harga Mixed

474

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Soft Commodities pada Senin 25 Januari 2021  Harga  bergerak mixed pada penutupan pasar dengan harga kopi Arabika  turun akibat persediaan meningkat dan harga kopi Robusta turun akibat persediaan meningkat dan produksi kopi Robusta Brazil turun , Harga gula juga turun baik di New York melemahnya real Brazil tetapi harga gula di London naik akibat berkurangnya produksi gula di Thailand, dan harga kakao kembali melanjutkan penurunan hari ke tiganya karena berkurangnya permintaan coklat karena lockdown covid-19.

Inilah penutupan pasar Eropa pada hari Senin untuk soft commodities :

Kopi

Harga kopi Arabika Maret di ICE New York turun 80 sen (0.64%) menjadi $123.25  dan harga kopi Robusta Maret di ICE London turun 0.08%.

Harga kopi pada penutupan pasar  hari Senin turun ke harga terendah 1 ½ minggu karena persediaan kopi Arabika yang dalam pengawasan ICE naik ke jumlah tertinggi 5 ½ tahun dan persediaan kopi Robusta juga naik ke jumlah tertinggi 9 ½ bulan pada hari Kamis dan juga produksi kopi Robusta Brazil naik 16% menurut Conab. 

Gula

Harga gula Maret di ICE New York turun 13 sen (0.82%) menjadi  $15.74 dan harga gula putih Maret di ICE London naik 0.09%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Senin mixed dengan harga gula di New York turun karena melemahnya real Brazil ke kurs terendah 2 ½ bulan terhadap dolar, membuat ekspor gula dapat meningkat, sedangkan harga gula di London naik karena produksi gula di Thailand turun 35% dari tahun lalu menjadi 3 MMT dari 10 Desember – 21 Januari.

Kakao

Harga kakao Maret di ICE New York turun $21 (0.83%) menjadi $2.508 per ton dan harga kakao Maret di ICE London turun 0.75%.

Harga kakao turun pada penutupan pasar hari Senin namun masih sedikit diatas harga terendah 1 minggu pada hari Jumat. Harga kakao turun karena turunnya permintaan coklat akibat pandemic global yang menyebabkan lockdown di Perancis, Inggris dan beberapa negara  di seluruh dunia lainnya.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here