BEI Lampaui Dua Kali Lipat Capaian Target Pertumbuhan Investor Baru pad 2020

385

(Vibiznews – IDX Stocks) – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan jumlah investor baru yang tercipta di sepanjang 2020 telah tumbuh 53,47 persen dari total jumlah investor pada 2019. Jumlah investor saham pada akhir 2020 telah mencapai 1.695.268 Single Investor Identification (SID). Terdapat pertumbuhan sebanyak 590.658 SID jika dibandingkan dengan total jumlah investor saham pada akhir 2019 yang berjumlah 1.104.610 SID.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam Sambutan Pengumuman Pemenang Kompetisi 10 Days Challenge 2020 Full Period, menyampaikan bahwa investor baru pada 2020 secara signifikan didominasi oleh kaum milenial dengan rentang usia 18-30 tahun yang mencapai 411.480 SID atau 70 persen dari total investor baru tahun 2020. Pertumbuhan ini menguatkan dominasi kaum milenial sebagai investor di Pasar Modal Indonesia.

Namun demikian, lanjut Inarno, terdapat hal yang tidak kalah penting  untuk mengimbangi peningkatan jumlah investor saham, yaitu dengan turut melakukan peningkatan kualitas investor saham dalam negeri. “Salah satu caranya adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi, sehingga masyarakat yang menjadi investor di BEI tidak hanya sekedar ikut-ikutan, namun memang memahami saham perusahaan yang dikoleksi, baik dari sisi fundamental maupun teknikalnya,” kata Inarno.

BEI menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam capaian ini, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan seluruh anak usaha BEI. Pencapaian prestasi ini juga terlaksana atas dukungan dari Perusahaan Efek Anggota Bursa (AB), Manajer Investasi, Perguruan Tinggi mitra Galeri Investasi (GI) BEI, para dosen dan Kelompok Studi Pasar Modal, pengelola GI BEI, komunitas investor, media massa dan pers, serta Perusahaan Tercatat yang telah mendorong karyawannya menjadi investor saham dan mengenalkan pasar modal lewat pelaksanaan Sekolah Pasar Modal.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here