Emiten Perbankan Tunggu POJK Tentang Bank Digital

610

(Vibiznews – IDX Stocks) – Harga saham sejumlah bank beraset kecil bergerak di zona hijau menyusul rencana pengaturan terkait sektor ini oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada sesi pertama, PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) sempat naik 1,57 persen ke level Rp645 namun kemudian di tutup anjlok 3.15% ke harga Rp.615 per lembar. Selanjutnya, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) juga terpantau sempat bergerak ke zona hijau dengan lonjakan sebesar 5.94% atau 65 poin pada penutupannya sore ini. Selanjutnya, saham PT Bank Jago Tbk (ARTO), ditutup melompat 9.01% atau 775 poin ke harga Rp. 9375 per lembar.

OJK berencana akan merilis POJK mengenai bank digital sebelum pertengahan tahun ini.Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto menyampaikan pendirian bank digital terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bank baru sebagai full digital bank. Investor yang akan mendirikan bank digital menyampaikan perizinan kepada OJK. Kedua, transformasi bank existing menjadi bank digital. Seperti Bank Jago, Sea Group melalui BKE, Bank BCA yang telah mentrasformasi Bank Royal menjadi bank digital.

Untuk pendirian bank digital, salah satu persyaratan yang ada dalam draftnya adalah memiliki modal Rp10 triliun untuk pendirian bank baru. Adapun, untuk bank digital yang merupakan hasil transformasi dari bank existing persyaratannya antara lain memiliki kemampuan yang mengelola bisnis bank yang prudent dan berkesinambungan serta adanya perlindungan data nasabah.

Bank digital juga memiliki minimal satu kantor dan seluruh layanannya secara digital. Anung mengatakan ketentuan bank digital saat ini sedang dalam proses. OJK berharap ketentuan ini sudah ada ketika bank digital beroperasi.

Silahkan klik untuk join

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here