Harga Minyak Turun Terpicu Kekhawatiran Peningkatan Produksi OPEC

481

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun sekitar 1% pada hari Selasa (02/03) di tengah kekhawatiran bahwa OPEC akan setuju meningkatkan pasokan global dalam pertemuan minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 64 sen, atau 1% menjadi $ 60,00 per barel, setelah turun 1,4% pada hari Senin.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 62 sen, atau 0,97% menjadi $ 63,07 per barel, setelah kehilangan 1,1% pada hari sebelumnya.

Investor khawatir Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, akan meningkatkan produksi minyak.

Kelompok tersebut akan bertemu pada hari Kamis dan dapat membahas kemungkinan sebanyak 1,5 juta barel per hari (bpd) minyak mentah kembali ke pasar.

Produksi minyak OPEC turun pada Februari karena pemangkasan sukarela oleh Arab Saudi ditambahkan ke pengurangan yang disepakati di bawah pakta OPEC + sebelumnya, sebuah survei Reuters menemukan, mengakhiri kenaikan tujuh bulanan berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak masih berpotensi lemah terpicu kekhawatiran OPEC dan sekutunya akan mengeluarkan keputusan pada pertemuan Kamis untuk meningkatkan lagi produksi minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 59,58-$ 59,00. Namun jika naik, harga akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 60,17-$ 60,31.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here