Harga Karet Tocom Semakin Mendaki, Karet SHFE Terendah 2 Pekan

875
karet Jepang, Nikkei

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom bergerak naik pada perdagangan hari Kamis (4/3/2021) melanjutkan kenaikan sesi sebelumnya oleh pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS dan kenaikan harga minyak mentah. Namun trend positif ini tidak terjadi pada karet SHFE dan juga Sicom, yang bergerak lebih rendah. 

Harga karet Tocom semakin mendaki ke posisi tertinggi dalam sepekan, sedangkan karet SHFE turun ke posisi terendah 2 pekan yang sudah melemah 2 sesi berturut. Kenaikan harga di Tocom masih ditopang oleh sentimen bullish pasar karet yaitu ekspektasi pemulihan ekonomi global, didukung oleh vaksinasi virus korona, dan langkah-langkah stimulus oleh AS dan pemerintah lainnya.

Harga minyak mentah sebagai bahan dasar karet sintetis bergerak lebih tinggi setelah EIA melaporkan rekor persediaan minyak mentah AS dan  ekspektasi bahwa OPEC+ akan menghentikan pemotongan produksi dari Maret hingga April.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Untuk harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Juli 2021 pada penutupan sore hari menguat 5,9 yen atau 2,26%  ke posisi 261.0 yen per kg. Sempat ke posisi tinggi 266,9 yen per kg setelah dibuka pada posisi 263.5.   

Untuk harga  karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup anjlok 170 poin atau 0,9% ke posisi 15325 yuan. Namun untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2021  ditutup anjlok US$1,6  atau 0,91% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 174,9.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here