Karet Tocom Paling Untung Pekan Ini, Karet SHFE Anjlok 6% Lebih

533

(Vibiznews – Commodity) – Kenaikan harga karet Tocom terus berlanjut hingga  pada perdagangan hari Jumat (5/3/2021), yang juga diikuti oleh bursa SHFE dan juga Sicom. Kenaikan harga Tocom moderat dan sepanjang pekan ini saja hanya gain 0,41% setelah pekan sebelumnya koreksi. 

Namun untuk pergerakan karet SHFE dan Sicom sepanjang minggu alami pelemahan, dengan karet SHEF paling tertekan dengan turun 6,68% sedangkan Sicom alami pelemahan mingguan turun 1,62%. Anjloknya harga karet SHFE terkait data manufaktur China pekan ini yang menyusut. 

Kenaikan harga karet di bursa internasional hari ini masih ditopang oleh pergerakan kuat harga minyak mentah sebagai bahan baku karet sintetis. Harga minyak mentah naik mendapat dukungan sentimen negara OPEC dan sekutunya setuju untuk memperpanjang pengurangan produksi.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Untuk karet Tocom yang naik ke posisi tertinggi sepekan mendapat support dari anjloknya posisi yen Jepang ke posisi terendah 8 bulan terhadap dolar AS.  Sepanjang pekan ini mendapat sentimen positif dari  ekspektasi pemulihan ekonomi global, didukung oleh vaksinasi virus korona, dan langkah-langkah stimulus oleh AS dan pemerintah lainnya.

Untuk harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Juli 2021 pada penutupan sore hari menguat 3 yen atau 1,12%  ke posisi 269.9 yen per kg. Sempat ke posisi tinggi 269,9 yen per kg setelah dibuka pada posisi 265.9.   

Untuk harga  karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup menguat 15 poin atau 0,09% ke posisi 15360 yuan. Demikian untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2021  ditutup kuat US$1,6  atau 0,92% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 176,1.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here