Harga Karet 10 Maret Kompak Naik, Tocom Rally 6 Hari Berturut

1371

(Vibiznews – Commodity) – Kenaikan harga karet berlanjut pada perdagangan bursa komoditas internasional hari Rabu (10/3/2021), dimana tidak hanya hanya karet Tocom yang bergerak rally masuki hari ke-enam berturut. Demikian harga karet SHFE dan Sicom rebound setelah sebelumnya berada di posisi terendah 1 bulan untuk karet SHFE.  

Sentimen kuat di pasar karet ditopang oleh kekhawatiran pasokan global dikarenakan musim sadap baru mulai bulan September di negara produsen utama. Selain itu juga  menurut data dari Association of Natural Rubber Producing Countries (ANRPC), produksi karet alam global diperkirakan akan turun menjadi 900.000 tn di bulan Maret dari 1.0 juta tn di bulan Februari.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Untuk kenaikan harga karet Tocom juga masih mendapat sumbangan dari pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS.  Harga penutupan  karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari menguat 0,2 yen atau 0,07%  ke posisi 273.1 yen per kg.

Untuk harga  karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup menguat 80 poin atau 0,6% ke posisi 15235 yuan.  Demikian untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2021  ditutup melemah US$3  atau 1,71% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 178,3.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here