ECB Pertahankan Suku Bunga 0%, Klaim Pengangguran AS Turun

429

(Viviznews – Forex) – Dalam pertemuan kebijakan moneter bank sentral Eropa atau ECB hari ini, memutuskan mempertahankan suku bunga rendah 0% untuk periode bulan Maret 2021. ECB juga akan menurunkan imbal hasil obligasi pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi zona euro. Merespon hasil pertemuan ECB ini posisi EURUSD semakin kuat mendekati kisaran 1.2000.

Malam ini juga terdapat 2 rilis data ekonomi yang positif yaitu data initial Jobless Claims dan jumlah lowongan kerja di AS.
Data klaim pengangguran atau Initial Jobless claim turun ke posisi terendah sejak bulan November yaitu 712ribu pada pekan ini. Lebih rendah dari ekspektasi 725 ribu dan 754 ribu data sebelumnya.

Jumlah lowongan pekerjaan di AS naik 165 ribu dari bulan sebelumnya menjadi 6,917 juta pada Januari 2021, mengalahkan ekspektasi pasar sebesar 6,6 juta dan bergerak mendekati level pra-pandemi sebesar 7 juta.

Kedua data ini tidak mampu mengangkat posisi dolar AS yang sudah melemah selama 3 sesi berturut. Dikarenakan data initial jobless claim masih lebih tinggi dari angka 200ribu sebelum pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here