Harga Karet Tocom Semakin Kuat oleh Laporan Konsumsi Global ANRPC

1602
karet Jepang, Nikkei

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet di bursa komoditas internasional masih ramai peminatnya sejalan dengan fundamental yang kuat, terpantau rally harga berlanjut pada hari Kamis (11/3/2021). Harga karet Tocom telah menguat selama 7 sesi berturut, karet Sicom dan SHFE lanjutkan rebound sesi sebelumnya.  

Fundamental pasar karet semakin kuat merespon laporan kenaikan konsumsi global oleh asosiasi negara produsen utama (ANRPC) setelah sebelumnya laporkan perkiraan penurunan produksi. Association of Natural Rubber Producing Countries laporkan konsumsi global karet alam naik 48% yoy di bulan Februari menjadi 1,103 juta tn. Untuk produksi karet alam global diperkirakan akan turun menjadi 900.000 tn di bulan Maret dari 1.0 juta tn di bulan Februari.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Sentimen positif lainnya yang menopang kenaikan harga karet hari ini yaitu pergerakan kuat harga minyak mentah sebagai bahan dasar karet sintetis. Demikian pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS memberikan tambahan kuat bagi harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang.

Harga penutupan  karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini  menguat 1,6 yen atau 0,59%  ke posisi 274.7 yen per kg, tertinggi sejak 25 Februari.

Untuk harga  karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup menguat 240 poin atau 1,6% ke posisi 15385 yuan.  Demikian untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2021  ditutup melemah US$0,5  atau 0,28% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 177,9.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here