Harga Soft Commodities Semua Turun Pada Penutupan Pasar Hari Selasa

323
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk Soft Commodities pada hari Selasa 30 Maret 2021, Harga Soft Commodities semua turun, karena lockdown di Eropa diperpanjang akibat pandemi covid meningkat membuat permintaan soft commodities berkurang, harga kopi Arabika turun ke harga terendahh 6 minggu , dan harga kopi Robusta turun ke harga terendah 3 minggu, harga gula di London turun ke harga terendah 2 1/2 bulan, dan harga kakao turun ke harga terendah 4 ½ bulan .

Inilah penutupan pasar pada hari Selasa untuk soft commodities :

Kopi
Harga kopi Arabika Mei di ICE New York turun $4.45 (3.50%) menjadi $122.60 dan harga kopi Robusta di ICE London turun 2.03%

Harga kopi pada penutupan pasar hari Selasa turun tajam sehingga harga kopi Arabika mencapai harga terendah 6 minggu dan harga kopi Robusta juga mencapai harga terendah 3 Minggu. Penurunan harga kopi ini akibat dari menguatnya indeks dolar AS yang naik ke kurs tertinggi 4 ½ bulan sehingga membuat harga semua komoditas turun. Permintaan kopi berkurang karena lockdown di negara Eropa akibat pandemi covid gelombang ke – 3.

Gula
Harga gula Mei di ICE New York hanya naik 1 sen (0.07%) menjadi $14.92 dan harga gula di ICE London naik 0.30%.

Harga gula pada penutupan pasar hari Selasa tidak berubah di New York namun masih diatas harga terendah 3 bulan sedangkan harga gula di London mencapai harga terendah 2 ½ bulan. Harga gula turun karena permintaan gula berkurang akibat lockdown di Eropa karena gelombang pandemi covid yang ke 3, dan juga melimpahnya persediaan karena petani di Brazil lebih banyak membuat gula daripada etanol.

Kakao
Harga kakao Mei di ICE New York turun $89 (3.65%) menjadi $2,347 per ton dan harga kakao Mei di ICE London turun 2.48%.

Harga kakao pada penutupan pasar hari Selasa turun tajam dengan harga kakao di New York mencapai harga terendah 4 ½ bulan dan harga kakao di London turun ke harga terendah 1 bulan, meningkatnya persediaan kakao di Ivory Coast dan Ghana karena cuaca yang baik membuat panen dapat berjalan pada minggu ini.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting
Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here