Harga Karet Tocom 16 Juni Masih Tertekan, Karet SHFE Rebound

578
Kementan RI Photo

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di bursa komoditas internasional masih tertekan pada hari Rabu (16/6/2021), terkecuali perdagangan di bursa SHFE yang alami penguatan. Harga karet SHFE rebound dari posisi terendah 8 bulan, sedangkan harga Tocom dan Sicom semakin turun ke terendah 2 bulan.

Pergerakan kuat karet Cina di bursa SHFE mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak mentah dan juga keterbatasan pasokan global pasca peningkatan kasus covid-19. Asosiasi negara produsen karet dunia umumkan meningkatnya penyebaran covid-19 di negara-negara produsen kemungkinan akan membatasi kenaikan musiman dalam pasokan karet alam global, yang akan tetap terbatas kecuali jika infeksi pandemi mereda. Karena pembatasan ekonomi  akan mempengaruhi ketersediaan tenaga kerja, jaringan transportasi dan logistik rantai pasokan.

Silahkan klik jika ingin join Telegram Vibiznews

Harga penutupan karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Agustus 2021 pada penutupan sore hari ini turun 1,8 poin atau 0,76% ke posisi 235,2 yen per kg,  terendah sejak 21 April setelah dibuka pada posisi 237.8 yen.

Untuk harga karet di bursa Shanghai (SHFE) untuk kontrak bulan September 2021  ditutup menguat 100 poin atau 0,82%  ke posisi 12750 yuan. Namun di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2021 ditutup lebih rendah dengan turun US$0,5 atau 0,31% ke   posisi 161,5 , terendah sejak 13 April.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here