Dolar AS Menuju Kenaikan Minggu Terbaik dalam Sebulan

795

(Vibiznews – Forex) Dolar AS menuju kenaikan mingguan terbaiknya dalam sekitar satu bulan pada hari Jumat (16/07), terpicu peningkatan permintaan safe haven karena meningkatnya infeksi COVID-19 membayangi pemulihan ekonomi. Terealisirnya penurunan data jobless claim AS juga memberi dukungan bagi dolar AS.

Data AS yang solid dan perubahan ekspektasi suku bunga setelah Federal Reserve menandai kenaikan yang lebih cepat dari perkiraan pada tahun 2023 telah menempatkan dasar penguatan dolar AS selama sebulan terakhir dan membuat investor mencermatinya.

Dolar AS secara luas stabil pada hari Jumat tetapi menuju kenaikan mingguan, dengan kenaikan selama seminggu sejauh ini sekitar 0,5% terhadap euro dan sterling dan 0,7% terhadap dolar Australia yang sensitif terhadap risiko.

Indeks dolar AS, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang mata uang, datar di 92,562 pada hari Jumat dan naik 0,5% untuk minggu ini, yang jika dipertahankan akan menandai kenaikan persentase mingguan terbesar sejak pekan yang berakhir 20 Juni.

Menjelang hari Jumat, para pedagang menantikan data penjualan ritel AS dan kepercayaan konsumen untuk melihat penguatan pemulihan.

Treasuries telah reli selama tiga minggu berturut-turut tanpa katalis yang jelas tetapi seiring dengan kekhawatiran bahwa infeksi baru dapat menghambat kemajuan pemulihan, dan bahwa inflasi AS terlihat sementara, atau setidaknya di bawah tingkat pusat.

Yen safe-haven juga menguat, dengan kerugian 0,1% pada dolar menjadikannya kedua setelah kiwi sebagai mata uang utama dengan kinerja terbaik terhadap dolar yang kuat. Yen menuju minggu terbaiknya dalam sebulan terhadap euro.

Terakhir dibeli 109,99 per dolar dan 129,88 per euro. Euro berdiri di $1,1808, tidak jauh di atas level terendah tiga bulan di $1,1772 yang diuji selama seminggu.

Sterling diperdagangkan pada $ 1,3835 di Asia, setelah mengembalikan beberapa rebound yang datang dengan angka pekerjaan yang kuat dan komentar hawkish pada hari Kamis dari pembuat kebijakan Bank of England Michael Saunders.

Dolar Australia melayang 0,2% lebih tinggi pada hari Jumat menjadi $0,7435 tetapi melacak kerugian mingguan dan jatuh ke level terendah lima bulan pada kiwi karena prospek suku bunga Selandia Baru bergeser.

Kiwi adalah penggerak terbesar di antara mata uang utama di sesi Asia, dan terakhir naik 0,6% pada $0,7020, setelah harga konsumen naik jauh lebih cepat dari yang diharapkan, memajukan ekspektasi kenaikan suku bunga pasar hingga Agustus.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS stabil dengan turunnya data jobless claim AS dan meningkatnya inflasi AS. Harapan pemulihan ekonomi dan tenaga kerja AS memberikan penguatan, juga meningkatnya permintaan safe haven memberikan bagian penguatan bagi dolar AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here