Rekomendasi EUR/USD 12 Oktober 2021: Berjuang Naik tetapi Tertekan Naiknya USD

1059

(Vibiznews – Forex) EUR/USD berjuang untuk bisa melanjutkan koreksi naik ke arah 1.1600 dan diperdagangkan di sekitar 1.1561, dengan dollar AS berbalik naik ditengah sentimen pasar yang berbalik memburuk. Banyaknya keprihatinan sehubungan dengan tapering yang akan dilakukan oleh the Fed, ketegangan hubungan AS – Cina, dan membumbung naiknya harga energi menggencet minat terhadap resiko.

Meskipun sempat mengalami rebound pada hari Jumat minggu lalu, pasangan matauang EUR/USD menutup perdagangan minggu lalu di teritori negatip untuk minggu yang kelima berturut-turut.

Pada awal perdagangan hari Senin sentimen pasar sempat optimis meskipun dengan penuh kehati-hatian sehingga pasangan matauang ini bergerak naik ke arah 1.1600, namun kelihatannya bisa menghadapi kesulitan dalam menarik perhatian pembeli kecuali bisa melampaui resistensi kunci di 1.1620.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari Jumat minggu lalu bahwa Non-farm Payrolls (NFP) AS di bulan September hanya bertambah sebanyak 194.000 pekerjaan. Meskipun angka NFP meleset jauh dari yang diperkirakan sebesar 500.000 pekerjaan, dollar AS tetap tangguh secara relatif terhadap rival-rival utamanya didukung oleh naiknya yields obligasi treasury AS.

Yields obligasi AS 10 tahun mencapai level tertinggi sejak awal Juni di 1.617% pada hari Jumat, menunjukkan bahwa laporan pekerjaan bulan September hanya sedikit bisa mengubah prospek tapering Federal Reserve.

Sementara itu, turunnya saham berjangka AS menunjukkan bahwa EUR/USD harus berjuang untuk mengumpulkan momentum bullish.

Selain itu, fundamental terus mendukung dollar AS terhadap euro dengan the Fed tetap pada jalurnya untuk menarik dukungan moneternya lebih cepat daripada ECB.

“Support” terdekat menunggu di 1.1560  yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1530 dan kemudian 1.1500. “Resistance” terdekat menunggu di 1.1585 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke 1.1620 dan kemudian 1.1680.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here